Berita Terkini: Pemprov Jatim Janji Kembalikan Fungsi Sumur Warga yang Amblas di Kediri!

0
572
Sumur Amblas
Copyright©metrotvnews

Berita Terkini: Pemprov Jatim Janji Kembalikan Fungsi Sumur Warga yang Amblas di Kediri!

Indowarta.com– Sebanyak 131 sumur warga yang berada di desa Manggis, Kabupaten Kediri ini telah mengalami amblas. Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini telah berjanji akan mengembalikan fungsi sumur warga dengan cara membuatkan sumur bor.

Pada hari Selasa 2 Mei 2017 ini Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf disela meninjau sumur amblas di Dusun Nanas, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri telah menyampaikan hal tersebut.

Saifullah Yusuf mengatakan “Pemerintah provinsi menyiapkan anggaran pembangunan kembali sumur warga yang amblas. Ini diperlukan agar masyarakat mendapatkan akses air bersih kembali”. Wakil Gubernur yang akrab disapa dengan nama Gus Ipul ini pun telah menjelaskan bahwa sumur warga yang mengalami amblas tersebut akan diurug kembali. Setelah digu akan digali lagil dengan menggunakan bor dengan kedalaman mencapai 25 meter.

Sumur Amblas
Copyright©viva

Gus Ipul mengatakan “Perencanaan ini akan disusun bersama camat, kepala desa, dan pemerintah kabupaten”. Penanganan kebutuhan air bersih warga terdampak sumur amblas ini dalam jangka pendek yakni memasok sebanyak 6 mobil tangki air. Gus Ipul menjelaskan “Pasokan air bersih ini dari pemerintah dan juga ada dari swasta”.

Secara umum kondisi dari amblasnya sumur ini masih aman bagi para warga yang berada di sekitar kejadian tersebut. Namun Wakil Gubernur ini juga telah memberikan himbauan agar para warga tidak mendekati ke titik sumur yang amblas tersebut untuk menghindari amblas susulan.

Lokasi tersebut akan diberikan garis polisi agar tidak ada warga yang mendekati ataupun melewati lokasi tersebut. Diperkirakan bahwa terjadinya sumur amblas ini karena pergerakan dari tanah dan juga curah hujan yang tinggi.

Sementara itu Mujiran yang merupakan kepala desa Manggis ini telah mengatakan bahwa di wilayahnya ini terdapat sebanyak 1.198 sumur. Sumur-sumur tersebut telah tersebar di 5 dusun yakni di Dusun Nanas, Jambean, Manggis, Dorok dan Ringinbagus.

Dari jumlah yang diperoleh tersebut, terdapat sebanyak 957 sumur ini kondisinya masih normal dan juga terdapat sebanyak 110 sumur airnya keruh. Mujiran menjelaskan “Total sumur yang ambles sampai hari ini ada 131 sumur”.

baca juga :

Berita Terkini: Fenomena Sumur Ambles di Kediri Tembus Angka 228, Begini Analisis Pakar ITB!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here