Waktu yang Tepat Untuk Makan Cokelat, Agar Tak Menyebabkan Gigi Berlubang!

0
944
Copyright©unycommunity

Waktu yang Tepat Untuk Makan Cokelat, Agar Tak Menyebabkan Gigi Berlubang!

Indowarta.com – Kandungan gula yang terdapat pada makanan mani memang rentan menyebabkan gigi si kecil menjadi berlubang. Itu disebabkan oleh lapisan gula yang menutupi enamel gigi dan dengan bantuan bakteri dan asam, maka terbentuklah gigi berlubang.

Cokelat menjadi satu dari sekian banyak makanan manis yang ditakuti para orang tua saat sang buah hati mengkonsumsinya. Namun, menurut dokter gigi Giacomo Favero, para orang tua tidak perlu khawatir akan hal itu.

Dilansir dari laman Yahoo, biji kakao (cokelat) mengandung antibacterial yang dapat menurunkan kadar gula  darah kakao itu sendiri, dan perlu juga anda mengetahui bahwa hanya dengan sikat gigi saja tidak bisa mencegah sakit gigi, ingin tau alasannya kenapa bisa disimak ulasan selengkapnya pada link Rajin Sikat Gigi Saja Ternyata Tak Cukup UntukMencegah Sakit Gigi berikut.

Tak hanya itu, kakao ternyata juga mengandung zat theobromine yang lebih banyak dibandingkan dengan fluoride, mineral yang mencegah kerusakan pada gigi. Menurut penjelasan, theobromine mampu mengurangi asam dan melindungi gigi dari bakteri jahat yang dapat menyebabkan gigi berlubang, jika hal itu sudah terjadi anda dapat mencegah agar tidak semakin parah yang bisa dilihat pada link Cara Merawat Gigi Berlubang Agar Tak Semakin Parah! berikut.

gigi berlubang
Copyrigth©Deherba

Selain dua manfaat tersebut, kandungan lain seperti tannins, polyphenols, dan flavonoid dalam cokelat juga ampuh mengatasi berbagai masalah pada gigi. Contohnya, polyphenols yang bisa mencegah bau mulut dan infeksi pada gusi, ini salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bau mulut saat sedang berpuasa, jika ingin tau hal apa sajakah itu bisa disimak pada link cegah bau mulut saat sedang puasa berikut.

Namun yang perlu diingat bahwa cokelat yang dikonsumsi sebaiknya yang rendah gula atau dark chocolate karena mempunyai komposisi kakao yang masih banyak. Berbeda dengan konsumsi susu cokelat yang harus dibatasi.

Ketahui Juga : Konsumsi Permen Xylitol dapat Mencegah Gigi Berlubang

Sedangkan untuk waktu yang tepat untuk mengkonsumsi cokelat, ahli kesehatan gigi Elaine Tilling juga menyarankan untuk mengonsumsi cokelat dalam satu waktu sekaligus dan setelah mengkonsumsi makanan berat, karena memang coklat bukanlah termasuk jenis makanan yang terdapat pada link Diet Makanan yang Dapat Kurangi Kerusakan Gigi Berlubang.

Alasannya yakni, jika cokelat dikonsumsi sepanjang hari, maka mulut tidak memiliki waktu untuk kembali menyeimbangkan asam. Dan dilakukan setelah selesai makan ketika mulut telah mengalami perubahan asam.

Setelah mengkonsumsi cokelat jangan lupa untuk menggosok gigi dengan pasta gigi fluoride selama dua menit rutin dua kali dalam sehari, atau bisa juga mengkonsumsi permen xyltol yang dapat mencegah gigi berlubang, jika ingin tau alasannya bisa anda ketahui pada link Konsumsi Permen Xylitol dapat Mencegah Gigi Berlubang.

Namun pastikan cara menggosok gigi yang dilakukan sudah aik dan benar. Karena rajin menggosok gigi saja belum tentu akan terhindar dari gigi berlubang.

Cara menggosok gigi yang salah terkadang masih menyisakan bekas makanan pada gigi. Selain itu untuk mengantisipasi masalah pada gigi, lebih baik periksalah gigi ke dokter gigi secara rutin.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Sakit Gigi yang Tak Kunjung Sembuh Secara Alami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here