Berita Terkini: Pasal Karet UU ITE Jerat Korban, Bebaskan Ibu Nuril!

0
688
Copyright©Intisari Online

Pasal Karet UU ITE Jerat Korban, Bebaskan Ibu Nuril!

Indowarta.com – Pasal karet di Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) kembali menjerat korban. kali ini seorang ibu bernama Nuril yang berasal dari Mataram, Nusa Tenggara Barat, ia dituduh telah menyebarkan materi asusila mantan atasannya.

Menurut keterangan resmi yang diberikan oleh Southeast Asia Fredom of Expression Netrwork (SAFEnet), Senin 8 Mei 2017, kasus tersebut berawal dari komunikasi yang terjadi antara Nuril dan mantan atasannya yang berinisial HM.

Saat itu HM menceritakan dirinya telah melakukan asusila bersama dengan wanita lain dan bukan istrinya. Nuril yang merupakan mantan pegawai honorer bagian tata usaha itu kemudian merekam percakapan tersebut di ponsel miliknya.

Kemudin rekaman tersebut disalin oleh pihak lain dan seberluaskan. Setelah rekaman tersebut beredar luas, HM dimutasi dari jabatannya sebagai kepala sekolah SMAN 7 Mataram. Tak lama usai dirinya di mutasi, HM menuduh Nuril telah menyebarkan konten asusila.

UU ITE
Copyright©beritasatu

Nuril kemudian disangkakan dengan pasal 27 ayat 1 UU ITE, dengan ancaman hukuman enam tahun penjara dan denda maksimal Rp 1 miliar, apabila Nuril terbukti bersalah.

Saat ini Nuril tengah menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Mataran dan sudah mendekam di balik jeruji besi sejak 24 Maret 2017 lalu.

Damar Juniarto selaku pegiat SAFEnet mengatakan bahwa apa yang terjadi pada Ibu Nuril ini seharusnya tidak bisa dipidanakan dengan UU ITE. Namun sebaliknya, seharusnya ia mendapatkan perlindungan dari pelaku pelecehan tersebut.

Apa lagi, Nuril telah memegang bukti pelecehan itu,namun ia justru di seret ke kursi pesakitan. Menurut Damar hal ini, membuat pasal Karet di UU ITE semakin merusak tatanan hukum dan mengoyak rasa keadilan yang ada.

Pasca penahanan, keluarga Nuril dilaporkan mengalami kesulitan keuangan. Pasalnya suami Nuril yang tadinya bekerja di Gili Air, kini harus kembali ke rumah untuk mengurus ketiga buah hatinya yang masih kecil.

SAFEnet akhirnya membuat petisi untuk membebaskan Nuril dari jeratan UU ITE melalui situs Change.org. Bahkan tagar #SaveIbuNuril kini juga mulai disuarakan di media sosial.

Baca Berita Terkini: Revisi UU ITE Akan Mulai Diberlakukan Hari Ini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here