Berita Terkini: Pemerintah Akhirnya Membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia Atau HTI!

0
769
HTI
Copyright©kompas

Pemerintah Akhirnya Membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia Atau HTI!

Indowarta.com – Sebelumnya muncul pernyataan jika kelompok atau organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) akan dibubarkan. Kali ini dengan pernyataan tersebut diwujudkan oleh pemerintah yakni dengan membubarkan sekaligus melarang keberadaan organisasi kemasyarakatan HTI.

baca juga :  Berita Terkini: HTI dan Anies Sandi Bantah Bikin Buletin Jakarta Bersyariah!

Mengenai pembubaran HTI ini dijelaskan oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Kemanan, Wiranto. Dia menuturkan jika kegiatan yang dilaukan oleh kelompok atau salah satu organisasi ini bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

Telihat jika peraturan tersebut sesuai dengan yang tercantum dalam Undang-Undang organisasi masyarakat. Maka dari itu Wiranto mengatakan jika pihak pemerintah mengambil tindakan dengan membubarkan organisasi masyarakat yang satu ini.

HTI
Copyright©kompas

Hal tersebut disampaikan oleh Wiranto saat memberikan keterangannya di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat. ‘Terkait dengan pertimbangkan tersebut maka pemerintah mengambil tindakan dengan membubarkan organisasi HTI dan melarang keberadaanya’ ujarnya pada Senin, 8 Mei 2017.

HTI sendiri merupakan salah satu organisasi masyarakat yang sudah beberapa lama berjalan di negara Indonesia. Namun organisasi itu disebut-sebut menganut garis keras dan diduga menjurus menuju anti Pancasila dan NKRI.

Wiranto mengatakan jika keberadaan organisasi ini membuat benturan di masyarakat. Maka dari itu dikahawatirkan membahayakan keutuhan bangsa dan negara terait dengan kegiatannya pemerintah membubarkannya.

Sementara dalam pembubaran tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pihak pemerintahan. Terlihat Menteri Dalam Negeri, Thajo JKumolo, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly serta juga tutut hadir Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

Sedangkan disisi lain pihak HTI yakni juru bicara HTI, Ismail Yustanto meminta agar dibuktikan terlebih dahulu jika kelompoknya itu layak dibubarkan. Dia sebelumnya meminta agar pihak yang mengatakan HTI anti Pancasila membuktikannya.

HTI
Copyright©kompas

‘Jika benar kami anti Pancasila coba tunjukan kepada kami buktinya’ ujar Ismail pada Rabu, 3 Mei 2017.

Ismail mengatakan jika HTI sendiri sudah mterdaftar dalam Kementerian Hukum dan HAM dan bukan di Kementerian Dalam Negeri. Dia mengatakan jika merasa bingung dengan pembubaran ormas HTI ini. Sedangkan menurut Ismail bahwa dirinya yakin jika organisasi yang diikutinya ini sesuai dengan pasal Undang-Undang tentang Organisasi Maysarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here