Presiden Soekarno Sudah Merancang dengan Matang Bahwa Palangka Raya Akan Jadi Ibu Kota Masa Depan?

0
683
Tugu Soekarno
Copyright©TripAdvisor

Presiden Soekarno Sudah Merancang dengan Matang Bahwa Palangka Raya Akan Jadi Ibu Kota Masa Depan?

Indowarta.com – Terkait dengan rencana pemindahan ibu kota ke Palangka Raya kembali mencuat dan menjadi hangat diperbincangkan oleh publik. Sebenarnya rencana tersebut sudah ada sejak era Presiden Soekarno.

Buktinya tersimpan di Palangka Raya. Misalnya Anda traveling ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah, traveler harus melihat Tugu Soekarno. Tugu tersebut bertempat di jalan S Parman, Kelurahan Palangka, Kecamatan Pahandut. Tugu itu menyimpan kisah sejarah berdirinya kota tersebut.

Tugu Soekarno diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 17 Juli 1957 silam. Peresmian tugu tersebut sekaligus sebagai tanda berdirinya Kota Palangkaraya, ibukota Kalimantan Tengah.

Tugu Soekarno
Copyright©centralborneo

Sebelumnya, Pahadut hanya sebuah kampung belaka yang terletak di tepi Sungai Kahayan. Namun visi soekarno untuk mencari ibukota baru, telah mengubah takdir kampung tersebut.

Saat itu Presiden Soekarno memiliki ide besar untuk memindahkan Ibu Kota Indonesia ke Palangka Raya, sedangkan Jakarta dijadikan sebagai pusat bisnis. Karena dapat dibilang bahwa Palangkaraya memiliki wilayah yang begitu luas.

Sedangkan untuk kontur wilayahnya pun datar dan bebsa dari gempa dan banjir. Dari Jakarta dapat ditempuh dengan pesawat sekitar 1 jam 20 menit saja. hal inilah yang disebut-sebut Palangka Raya sebagai ibukota yang baru.

Bukti Soekarno memiliki niat Palangka Raya menjadi ibukota yakni dapat dilihat dari monument tersebut. Tugu Soekarno merupakan maonumen dengan ornamen api diatasnya, yang memiliki makna semangat kemerdekaan dan membangun, dan 16 pilar kecil.

Tugu Soekarno
Copyright©detikTravel

Kemudian untuk bentuk segi lima tugu melambangkan Pancasila yang mengandung makna Ketuhanan Yang Maha Esa. Tugu tersebut juga menjadi salah satu destinasi wisata populer, baik wisatawan domestic maupun mancanegara yang berkunjung ke kota tersebut.

Namun nyatanya, dari masa Presiden Soekarnopemindahan ibukota ini belum benar-benar terwujud. Setelah sekian lama tak terdengar, kini wacana itu kembali ramai sejak sekitar akhir Maret lalu.

Bahkan pemerintahan Jokowi juga mengungkapkan niat serius soal pemindahan ibukota tersebut, namun belum jelas betul kapan dan disebelah mana ibukota baru ini akan bertempat.

Baca Begini Komentar Jokowi Soal Pemindahan Ibu Kota Dari Jakarta menuju Palangka Raya!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY