Berita Terkini: 3 Alasan Kuat Mengapa Pemerintah BUbarkan HTI!

0
792
HTI
Copyright©kumparan

3 Alasan Kuat Mengapa Pemerintah BUbarkan HTI!

Indowarta.com – Seperti diketahui jika organisasi masyarakat Hizbut Tahrir Indoneisa (HTI) telah resmi dibuaarkan hari ini pada Senin, 8 Mei 2017. HTI sendiri dibubarkan oleh pemerintah Indonesia setelah melihat sejumlah kajian dan mempertimbangkan alasan.

baca juga : Berita Terkini: Pemerintah Akhirnya Membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia Atau HTI!

Alasan pembubaran HTI sangat perlu dikemukakan setelah dibubarkannya ormas ini. Hal tersebut karena seerti diketahui jika kelompok ini mempunyai banyak anggota dan juga simpatisan di Indoensia mulai dari masyarakat termasuk sejumlah tokoh.

HTI sendiri telah resmi dibubarkan setelah pengumuman disampaikan oleh Menteri Koordintor bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto. Pengumuman pembubaran tersebut disampaiakan di kantornya di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta pada Senin, 8 Mei 2017.

HTI
Copyright©kumparan

Dalam pernyataannya tersebut Wiranto menyampaikan jika ada tiga alasan terkait pembubaran organisasi masyarakat ini. Alasan pertama yakni berlandaskan hukum terkait dengan Undang-Undang orgaisasi masyarakat.

HTI ini dinilai tidak melaksanakan peran positif dlam kegiatan yang dilakukannya. Pemerintah menganggap jika organisasi masyarakat ini tidak ikut melaksanakan peran positif dalam pelaksanaan proses pembangunan nasional.

Kemudian yang kedua yakni pemerintah memastikan jika kelompok masyarakat tersebut telah bertentangan dengan dasar negara Indonesia. HTI terindikasi kuat mempunyai perbedaan tujuan, asas asas berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945.

Kemudian yang ketiga yakni aktiviitas yang dilakukan oleh organisasi ini dapat menimbulkan pertentangan atau benturan di masyarakat. Hal tersebut juga dapat menganncam keamanan serta ketertiban masyarakat bahkan bisa membahayakan persatuan dan kesatuan NKRI.

Wiranto sendiri mengatakan jika keputusan ini diambil berdasarkan peraturan dan bukan karena pemerintah anti terhadap ormas. ‘Keputusan pembubaran ini diambil bukan smeata-mata pemerintah anti dengan ormas. Namun demi menjaga keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945’ ujar Wiranto.

HTI
Copyright©kompas

Sementara itu dalam acara pembubaran tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pihak pemerintahan. Mulai dari Menteri Dalam Negeri (Thahjo Kumolo), Menteri Hukum dan HAM (Yasonna Laoly) dan juga Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

HTI sendiri merupakan salah satu organisasi masyarakat yang diduga menganut garis keras yakni kelompok anti pancasila dan NKRI. Maka dari ,itu pemerintah Indonesia memutuskan untuk membubarkan dan melarang organisasi ini ada di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here