Berita Terkini: Jelang Ramadhan 2017, Harga Sembako Naik, Bawang Putih Tembus Rp 50 Ribu per Kilo!

0
733
Harga Sembako
Copyright©mahakamtpid

Berita Terkini: Jelang Ramadhan 2017, Harga Sembako Naik, Bawang Putih Tembus Rp 50 Ribu per Kilo!

Indowarta.com– Menjelang bulan suci Ramadhan ini, beberapa harga kebutuhan pokok ini mulai menunjukkan kenaikan harga. Harga sembako cabai rawit ini sempat terpuruk di harga Rp 12 ribu per kilo. Namun kini harganya pun melonjak tinggi menjadi Rp 20 ribu per kilo.

Gunawan Benjamin yang merupakan pengamat ekonomi kepada awak media pada hari Jumat 5 Mei 2017 ini telah mengatakan “Walaupun pada dasarnya untuk harga hari ini saja, cabai rawit sebenarnya mengalami mengalami penurunan. Selanjutnya yang paling signifikan mengalami kenaikan adalah harga bawang putih.

Gunawan menjelaskan bahwa untuk bawang putih pada saat ini dijual Rp 45 ribu per kilo. Bahkan di beberapa penjual bawang putih ini telah menjual bawang putihnya dengan harga kisaran Rp 50 ribu per kilonya. Harga sembako bawang putih ini  telah menjadi salah utama karena merupakan komoditas yang memang kerap di impor dari luar. Gunawan pun memberikan saran agar sebaiknya pemerintah memeriksa langsung ketersediaan bawang serta akan mengawasi jalur distribusinya.

Harga Sembako
Copyright©seputarhargaterkini

Gunawan menegaskan “Kita mengkhawatirkan adanya permainan spekulan di situ. Meskipun ini sifatnya masih dugaan semata. Tetapi sebaiknya terus melakukan pemantauan, karena harga bahan pangan ini sangat sensitif dan cenderung naik menjelang Ramadhan. Umumnya selalu seperti itu”.

Sementar itu harga sembako cabai merah ini juga mengalami kenaikan di kisaran Rp 22 ribu per kilo. Sebelumnya harga cabai merah ini hanyalah berkisar Rp 18 ribu per kilo. Gunawan mengatakan bahwa secara perlahan ini beberapa harga komoditas pangan juga akan mengalami kenaikan harga walaupun nantinya dalam rentang kenaikan yang sangatlah kecil terkecuali bawang putih.

Gunawan menjelaskan bahwa sejauh ini kenaikan komoditas masih dalam rentang harga yang murah seperti hanya daging ayam yang sampai saat ini masih bertahan di harga Rp 23 ribu per kilo dari yang sebelumnya berada di kisaran Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per kilonya.

baca juga :

Pilkada DKI: Ada Video Anies Baswedan Bagikan Sembako, Asli?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY