Berita Terkini: Menko Luhut Minta Anies Sandi Bertanggung Jawab Jika Jakarta Tenggelam Lantaran Hentikan Reklamasi!

0
1121
Reklamasi
Copyright©kompas nasional

Menko Luhut Minta Anies Sandi Bertanggung Jawab Jika Jakarta Tenggelam Lantaran Hentikan Reklamasi!

Indowarta.com – Diketahui jika proyek Reklamasi di teluk Jakarta kini tengah berjalan dan masih dalam proses pembangunan. Namun dikabarkan sebelumnya jika Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan menghentikan reklamasi nantinya setelah resmi menjabat.

baca juga : Berita Terkini: Anies Sandi Janji Hentikan Reklamasi, Luhut Siap Bujuk Lanjutkan!

Mengenai Reklamasi ini membuat Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjdaitan angkat bicara. Luhut mempersilahkan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies-Sandi jika ingin menghentikan proyek di Pantai Utara Jaarta tersebut.

Tanggapan Luhut ini dilontarkan saat berada di Kantor Wakil Presiden, Jakarta pada Senin, 8 Mei 2017. Disamping mempersilahkan dirinya juga mengingatkan kepada Anies-Sandi jika proyek tersebut sangatlah penting untuk mencegah Kota Jakarta tenggelam.

‘Jika mau distop ya silahkan saja distop. Tapi nanti jika Jakarta tenggelam tanggung jawab dan jangan lari dari tanggung jawab dikemudian hari setelahnya’ ujar Luhut.

Reklamasi
Copyright©kompas nasional

Sementara itu Reklamasi ini sendiri bisaterbilang baru saja digarap saat kepemimpinan Basuki Thahaja Purnama alias Ahok. Pembangunan proyek ini sendiri menuai pro dan kontra karena dianggap merugikan warga sekitar daerah pantai tempat digarapnya proyek.

Sedangkan menurut keterangan Luhut jika melihat dari hasil kajian tanah Jakarta sendiri akan tenggelam sekitar 8 hingga 23 sentimeter. Hal tersebut akan menenggalamkan Jakarta jika proyek reklamasi dan tanggul laut raksasa yang tengah digarap saat ini tidak dilakukan.

Luhut juga menegaskan jika proyek ini sendiri mempunyai dampak kedepannya untuk Jakarta dan mempunyai landasan hukum yang kuat. ‘Tak ada alasan untuk menghentikan atau membatalkan pembangunan hingga hari ini ya’ ujarnya.

Namun ketika ditanya apakah dirinya akan melakukan pertemuan dengan pasangan cagub dan cawagub terpilih Anies-Sandi. Namun dia berharap jika proyek ini tak dihentikan karena pasti akan mebuat dampak yang besar untuk Kota Jakarta.

Reklamasi
Copyright©poskupang

Semenatra itu seperti diketahui jika Reklamasi ini sudah diteken mulai dari Presiden Soeharto hingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sedangkan Presiden Jokowi sendiri hanya melanjutkan Keputusan Presiden terkait dengan pembangunan proyek ini.

Penghentian proyek reklamasi sendiri merupakan salah satu janji pasangan Anies-Sandi dalam kampanyenya. Pasangan nomer urut tiga tersebut menjanjikan akan menghentikan proyek tersebut jika nanti menang dalam Pilkada DKI 2017.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY