Berita Terkini: Menantikan Akhir Perjalanan Sidang Ahok Hari Ini!

0
794
Sidang Ahok
Copyright©viva

Menantikan Akhir Perjalanan Sidang Ahok Hari Ini!

Indowarta.com – Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara telah menjadwalkan pembacaan atau vonis perkara kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Sidang Ahok yang beragendakan pembacaan putusan tersebut digelar pada Selasa 9 Mei 2017. Persidangan dengan agenda pembacaan putusan tersebut menjadi lebih cepat lantaran tidak ada pembacaan replik dan duplik.

Pasalnya pihak jaksa penuntut umum (JPU) tetap pada tuntutannya, sehingga pengajuan replik tidak diperlukan. Begitu juga dengan Ahok dan penasihat hukumnya, mereka tetap pada pembelaannya atau pledoinya.

Seperti yang telah diketahui, pada sidang Ahok sebelumnya, jaksa penuntut umum menuntut Ahok dengan hukuman 1 tahun penjara dengan 2 tahun masa percobaan.

Dalam tuntutan tersebut, JPU menyatakan bahwa mantan Bupati Belitung Timur itu bersalah sebagaimana yang telah diatur dalam Pasal 156 KUHP tentang menyatakan perasaan permusuhan, kebencian atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan.

Baca Juga Berita Terkini: Menakar Vonis yang Akan Dijatuhkan Hakim Dalam Sidang Ahok Besok!

sidang Ahok
Copyright©Bisnis Indonesia

Sedangkan untuk Pasal 156a digugurkan lantaran ucapan Ahok dinilai tidak memenuhi unsur niat untuk menodai agama. Sidang Ahok tersebut telah memakan waktu selama hampir 5 bulan.

Hingga saat ini, persidangan kasus dugaan penodaan agama tersebut telah menghadirkan hampir 50 saksi, baik dari saksi pelapor maupun ahli atau pakar, yang didatangkan oleh kubu jaksa penuntut umum hingga dari kubu Ahok.

Lalu, bagaimana perjalanan sidang Ahok hingga akhirnya kini menghadapi vonis?

Pertama terkait dengan nota keberatan atau eksepsi Ahok. Sidang digelar pada 13 hingga 20 Desember 2016 lalu. Pada tahap ini dilakukan 3 kali sidang. Kala itu Ahok menangis saat dirinya membacakan eksepsi. Ternyata Majelis Hakim pun menolak eksepsi Ahok.

Baca Juga Berita Terkini: Aksi 55 Termasuk Intervensi Hakim Sidang Ahok?

Kedua, keterangan saksi dari kubu jaksa penuntut umum, sidang dilaksanakan 9 kali yang dilakukan antara 3 Januari-28 Februari 2017. Setidaknya jaksa mendatangkan 30 saksi.

Ketiga, keterangan saksi dari kubu Ahok. Sidang dilaksanakan 4 kali dalam kurun waktu 14-29 Maret 2017. Kubu Ahok mendatangkan 18 saksi. Keempat, pemriksaan terdakwa yang dilakukan pada 4 Apri, ini merupakan sidang ke-17.

Kelima, pembacaan tuntutan, yang digelar pada 20 April. Saat itu JPU menuntut 1 tahun penjara dengan 2 tahun masa percobaan. Ahok dianggap telah melanggar Pasal 156 KUHP.

Keenam, pembacaan nota pembelaan Ahok, saat itu Ahok membacakan pleodoi setebal 5 halaman dengan judul ‘Tetap Melayani Walau Difitnah’. Ahok juga menyinggung soal filosof film Finding Nemo. Ketujuh, vonis Ahok yang akan dilaksanakan 9 Mei 2017 dan ini yang paling dinantikan.

Baca Juga Berita Terkini: Akan Ada Aksi 55, Kapolri Jamin Keamanan Sidang Ahok!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY