Berita Terkini: Begini Tanggapan MA Soal Rencana Pemerintah Bubarkan HTI Lewat Pengadilan!

0
391
HTI
Copyright©wawasansejarah

Berita Terkini: Begini Tanggapan MA Soal Rencana Pemerintah Bubarkan HTI Lewat Pengadilan!

Indowarta.com– Memaui jalur pengadilan, Pemerintah ingin membubarkan organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Terkait dengan hal tersebut, Mahkamah Agung (MA) ini pun tidak merasa keberatan dan juga akan menunggu upaya pemerintah mengajukan perkara tersebut di pengadilan.

Kabiro Hukum dan Humas MA Ridwan Mansyur saat dikonfirmasi oleh awak media pada  hari Selasa 9 Mei 2017 ini telah mengatakan “Pada prinsipnya kami pengadilan menerima pengajuan, memeriksa perkara dan memutuskan perkara”.

Namun Ridwan tidak bisa menjawab mengenai pakah HTI nantinya akan dibubarkan atau tidak. Menurut Ridwan, suatu perkara akan diputus berdasarkan pertimbangan fakta persidangan dan keyakinan hakim. Ridwan mengatakan “Masalahnya apakah akan diputus hakim dikabulkan atau tidak, itu adalah kewenangan majelis hakim nanti yang menyidangkan”.

WAJIB BACA :  ITS Akan Mengikuti Instruksi Kemenristekdikti Soal Dosen Terlibat HTI!
HTI
Copyright©inilah

Ridwan sendiri mengaku bahwa hingga pagi ini dirinya masih belum mendengar adanya upaya pemerintah untuk mengajukan perkara pembubaran HTI ke pengadilan. Mengenai kewenangan pengadilan yang berhak menyidangkan perkara tersebut, Ridwan sendiri akan menyerahkan sepenuhnya hal ini kepada pemerintah.

Ridwan mengatakan “Mengenai pengadilan itu terserah pihak yang akan mengajukan, pada prinsipnya kami akan menerima semua pengajuan baik di peradilan umum atau pun di pengadilan tata usaha negara (PTUN)”. Ridwan sendiri juga telah memastikan bahwa jika nantinya pemerintah akan mengajukan gugatan pembubaran HTI, majelis hakim akan tetap independen. Ridwan mengatakan “Siapa pun yang berperkara di pengadilan majelis hakim pasti independen”.

Organisasi Hizbut Tahrir ini ternyata tidak hanya ada di Indonesia saja. Organisasi yang berdiri pada tahun 1953 ini telah menyebar ke bebearpa belahan dunia yang lainnya. Karena Hizbut Tahrir di beberapa negara ini dianggap akan membahayakan dan juga meresahkan sehingga pemerintah ikut ambil untuk membubarkan organisasi tersebut.

WAJIB BACA :  ITS Akan Mengikuti Instruksi Kemenristekdikti Soal Dosen Terlibat HTI!

Hizbut Tahrir ini telah berkembang ke seluruh negara Arab di Timur Tengah tidak ketinggalan di Afrika seperti Mesir, Libya, Sudan dan Aljazair. Keberadaannya juga merambah hingga ke Turki, Inggris, Prancis, Jerman, Austria, Belanda, Amerika Serikat, Rusia, Tajikistan, Kirgistan, Pakistan, Indonesia dan Australia. Pengurus HT menyebut organisasi tersebut sebagai partai politik yang berideologi Islam. Politik adalah kegiatannya dan Islam sebagai ideologi

baca juga :

Berita Terkini: 3 Alasan Kuat Mengapa Pemerintah BUbarkan HTI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY