Berita Terkini: Operasi Patuh 2017, Mulai Digelar Hari Ini!

0
849
operasi patuh 2017
Copyright©SINDOnews

Operasi Patuh 2017, Mulai Digelar Hari Ini!

Indowarta.com – Korlantas Polri resmi menggelar Operasi Patuh 2017 secara serentak di seluruh Indonesia mulai hari ini. Apel gelar pasukan operasi tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowo.

Menurut Royke operasi patuh terebut dilakukan dalam rangka untuk mengamankan serta melancarkan arus lalu lintas menjelang bulan Ramadhan. Operasi ini dijadwalkan akan digelar selama 14 hari. ini dilakukan agar arus mudik nantinya berjalan lancar.

“Operasi Patuh ini kita laksanakan selama 14 hari. ini agar pelaksanaan arus mudik dapat berjalan dengan lancar, aman dan bisa tiba ditempat dengan cepat. Untuk menciptakan kondisi ini, maka diadakan Operasi Patuh 2017,” ujar Royke, Selasa (9/5).

Selain itu untuk meredam kemacetan, Korlantas Polri juga mengedepankan aspek penanganan hukum atau menahan bagi pihak yang melanggar lalu lintas, yang dapat berpotensi terjadinya kecelakaan.

Ia kemudian mencontohkan seperti kendaraan dengan kecepatan tinggi, muatan berlebih, melawan arus, tidak mengenakan helm, dan lain sebagainya.

Baca Juga Berita Terkini: Operasi Simpatik 2017 Dimulai, Pengendara Dihimbau Tertib Lalu Lintas !

Sedangkan tindakan hukum yang lainnya yakni, Korlantas juga akan mengutamakan pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas atau yang menyebabkan kemacetan, seperti pelanggaran salah parkir, salahberhenti, dan ruas jalan yang dijadikan sebagai area untuk berjualan.

operasi patuh
Copyright©Modifikasi

Nantinya Korlantas akan bekerja sama dengan Kemenhub. Selanjutnya Kemenhub akan melakukan tindakan seperti penderekan kendaraan yang salah parkir.

Untuk menciptakan kondisi tersebut, guna menunjang Operasi Patuh 2017, setidaknya 23 ribu personel dilibatkan dalam operasi patuh kali ini. Mereka terdiri dari aparat kepolisian serta bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan Jasa Marga.

Adanya Operasi Patuh 2017 ini juga dibenarkan oleh Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, Minggu (7/5), “Betul, bahwa rencananya Polda metro Jaya menggelar operasi patuh mulai tanggal 9 Mei. Penekanannya adalah penegakan hukum”.

Operasi tersebut ditujukan untuk meningkatan kedisiplinan anggota polantas serta terwujudnya pelayanan yang bersih dan bebas KKN. Juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib dan patuh hukum di bidang lalu lintas.

Namun pihaknya enggan untuk menjelaskan secara detail pelanggaran apa saja yang akan menjadi prioritas penegakan hukum pada razia ini.

Baca Juga Berita Terkini: Operasi Simpatik Semeru 2017, Polisi Hanya Berikan Teguran?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here