Berita Terkini: Penghasilan Driver GoJek Lebih Besar Dibanding Karyawan Swasta?

0
812
gojek
Copyrigth©wowkeren

Berita Terkini: penghasilan Driver GoJek Lebih Besar Dibanding Karyawan Swasta?

Indowarta.com– Di dalam sebuah riset yang telah dilakukan oleh Pusat Kajian Komunikasi Universitas Indonesia (PUSKAKOM) mengenai manfaat dari aplikasi social on-demand terhadap pekerja dan juga penggunaan jasa perusahaan, didapati bahwa penghasilan bulanan para pengemudi Gojek ini telah melampaui gaji karyawan.

baca juga : Liga 1 Gojek Traveloka: Carlton Cole Siap Main di Laga Persib Vs Persipura!

Peneliti utama Puskakom yakni Afindra Pimaldhi ini telah menjelaskan bahwa riset yang dilakuan ini berada di 15 lokasi Jabodetabek, khusus terhadap para pengemudi rodam empat gabungan yang tersebar di 11 kota.

Hasil dari Riset yang telah dilkaukan oleh Puskakom ini menemukan bahwa terdapat 87 persen mitra Go-ride yang berkerja secara full time. Lalu sebanyak 33 persen dulunya adalah pengemudi ojek pangkalan. Lalu ada 26 persen pengemudi Gojek yang sebelumnya telah berkerja di sektor swasta.

GoJek
Copyrigth©Liputan6

Apabila dilihat dari penghasilan bulanan, sebanyak 77 persen pengemudi Go Ride ini telah mengantongi pendapatan di atas UMP Nasional yakni Rp 1.999.817 menurut BPS 2016. Lalu hasil yang lebih besar lagi ini telah dikantongi oleh pengemudi Go Car di mana sebanyak 50 persen mitra pengemudi ini telah mendapatkan penghasilan di atas rata-rata UMP DKI Jakarta yakni sebesar Rp 3.335.750.

Sedangkan untuk para pengemudi yang berkerja secara full tim ini telah diklaim berhasil mendapatkan penghasilan bulanan yang lebih besar lagi dari mereka yang berkerja paruh waktu. Tidak hanya mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari pekerja swasta, Alfindra ini juga telah menegaskan bahwa ada hal lain yang telah mendorong mereka bisa memanfaatkan layanan perbankan, asuransi hingga waktu yang lebih fleksibel lagi.

baca juga : Kisah Unik Driver GoJek Antar Penumpang, Ternyata Begini Lho!

Alfindra disela pemaparannya di Jakarta pada hari Senin 8 Mei 2017 ini mengatakan “Dari sisi manfaat, 48 persen mengaku bisa mengatur waktu kerja, 30 persen punya lebih banyak waktu bersama keluarga, 28 persen bisa menabung, 19 persen bisa pakai HP dan aplikasi”.

Sebanyak 30 hingga 32 persen para pengemudi Gojek ini mengaku memiliki waktu yang lebih banyak lagi dengan keluarga karena mereka bebas untuk memilih jam kerja mereka. Kepuasan yang sama diklaim Alfindra juga telah dirasakan oleh mitra dengan jumlah penghasilan yang diperoleh setiap bulannya.

baca juga :

GoJek Terima Suntikan Dana Segar Dari Pemodal Asal China!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here