Berita Terkini: Perlakuan Berbeda Antara HTI dan FPI!

0
752
HTI
Copyright©cnnindonesia

Perlakuan Berbeda Antara HTI dan FPI!

Indowarta.com – Kali ini pemerintah Indonesia mengambil sikap dengan membubarkan secara resmi organisasi masyarakat Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). HTI telah ersemi dibubarkan oleh pemerintah pada Senin, 8 Mei 2017 karena sejumlah alasan tertentu.

Sikap tegas dengan membubarkan organisasi masyarakat HTI tetsebut diwakili oleh Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto. Pembubaran kelompok masyarakat tersebut dilakukan setelah mengkaji sejumlah masukan.

Salah satu masukan sendiri diberikan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Masukan dari Polri diterima oleh Wiranto karena melihat sejumlah insiden penolakan yang dilakukan oleh sejumlah pihak disejumlah daerah.

HTI
Copyright©inilah

Salah satu kegiatan yang dilakukan organisasi tersebut yakni aksi konvoi HTI yang tengah melakukan aksi Kirab Panji Rasulullah di Grenggalek, Jawa Timur pada Sabtu, 1 April 2017. Namun aksi tersebut dihadang oleh Gerakan Pemuda Ashor bersama dengan Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser NU).

WAJIB BACA :  Sudah Benarkah Langkah Pemerintah Indonesia Membubarkan HTI?

Mak dari itu pemrrintah sendiri menolak keberadaan HTI dan melarangnya ada di Indonesia. Seperti diketahui jika organisasi masyarakat ini masuk ke Indonesia sudah sejak lama yakni sekitar tahun 1980-an dengan mengusung konsep khilafah.

Sedangkan konsep khilafah sendiri dinilai bertentangan dengan Pancasila, Bhineka Tunggal Ika serta Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Ormas ini dianggap merupakan kelompok garis keras yang anti Pancasila dan FPI.

Namun lain lagi dengan pembubaran HTI yakni ormas Front Pembela Islam (FPI) justru ditanggapi lain oleh pemrintah dan juga Polri. Hingga kini FPI masih berdiri tegak degan jumlah anbgota yang luar biasa banyak dari seluruh penjuru Indonesia.

Namun kehadiran FPI ini khususnya di DKI Jakarta juga sempat dipersoalkan oleh sejumlah pihak. Salah satuya yakni Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama alias Ahok sekitar tahun 2014 lalu. Ahok saat itu membrikan surat kepada Menteri Dalam Negeri serta Menteri Hukum dan HAM.

WAJIB BACA :  Sudah Benarkah Langkah Pemerintah Indonesia Membubarkan HTI?

Ahok meminta agar lembaga tersebut merekomendasikan pembubaran FPI yang diajukannya. Namun alih-laih meminta dibubarkan justru orang nomer satu Jakrta tersebut sering didemo oleh ormas dengan pimpinanya Habib Rizieq Shihab ini dengan bergelombang.

Sementara itu disebut-sebut saat mengusukan HTI agar dibubarkan Polri juga mengusulkanagar FPI juga ikut dibubarkan. Namun hingga kini belum ada pernyataan resmi pembubaran organisasi masyarakat yang dketuai oleh Habib Rizieq ini.

baca juga : Berita Terkini: Pemerintah Akhirnya Membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia Atau HTI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY