Tak Hanya Dalam Negeri, Media Asing Juga Soroti Vonis Ahok Hari Ini!

0
1448
vonis Ahok
Copyright©detik

Tak Hanya Dalam Negeri, Media Asing Juga Soroti Vonis Ahok Hari Ini!

Indowarta.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok divonis  2 tahun penjara oleh majelis hakim. Ahok dinyatakan bersalah telah melakukan penodaan agama karena pernyataan soal Surat Al-Maidah 51 dalam pidatonya saat berkunjung ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu tahun lalu.

Kasus penodaan agama ini sontak menyita perhatian dari berbagai kalangan. Bahkan protes besar-besaran juga telah beberapa kali dilakukan terkait dengan kasus iini. Tak hanya itu, vonis Ahok ini juga membuat massa pro Ahok menjadi sedih.

Tak hanya media lokal yang ramai membicarakan vonis Ahok ini. Media asing juga ramai memberitakan vonis hukuman Gubernur DKI Jakarta yang dibacakan pada hari ini, Selasa 9 Mei 2017.

Media CNN mengangkat judul “Jakarta governor Ahok found guilty arter landmark Indonesian blasphemy trial”. Media ternama asal Amerika Serikat tersebut menuliskan, Ahok dinyatakan bersalah atas penodaan agama dalam persidangan yang dipandang sebagai tes atas toleransi beragama di Indonesia.

Sidang Ahok
Copyright©Tribunnews

Pada situsnya CNN menuliskan, “Politisi Kristen China kontroversial tersebut diadili sejak Desember atas tuduhan bahwa dia menghina Islam selagi berkampanye untuk mempertahankan perannya. Gubernur Jakarta itu membantah tuduhan tersebut”.

Sedangkan media asing lainnya, The Guardian juga memberitakan vonis Ahok dengan mengangkat judul “Jakarta governor Ahok found guilty of blasphemy, jailed for two years”. Media Inggris tersebut menyebut vonis Ahok sebagai vonis yang mengejutkan.

Dalam artikelnya, The Guardian juga menuliskan tentang banyaknya massa kontra Ahok yang berkumpul di luar gedung Kementerian Pertanian Jakarta Selatan, tempat berlangsungnya sidang putusan mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

Sedangkan kantor berita ternama AFP mengangkat berita yang bertajuk “Jakarta governor Ahok jailed two years for blasphemy”. Begitu juga dengan media asing yang lain, seperti media Malaysia, The Star dan media Singapura, Straits Times yang juga mengangkat judul serupa.

Atas putusan yang diberikan oleh majelis hakim ini, tim kuasa Ahok langsung menyatakan banding.

Seperti yang telah diketahui, majelis hakim menyatakan Ahok terbukti melakukan tindak pidana dalam Pasal 156a KUHP, yakni secara sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan permusuhan, penyalahgunaan, atau penodaan terhadap suatu agama.

Baca Juga Berita Terkini: Ahok Langsung Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Rutan Cipinang!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY