Berita Terkini: Adakah Alternatif Lain Jika Tak Lulus SBMPTN?

0
639
SBMPTN
Copyright©Okezone

Adakah Alternatif Lain Jika Tak Lulus SBMPTN?

Indowarta.com – Panitia Lokal (Panlok) 82 Makassar telah menerima pendaftar sekitar 47.793 orang menjelang penutupan jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan tinggi Negeri (SBMPTN), Selasa 9 Mei 2017.

Keterangan itu disampaikan oleh Koordinator SBMPTN 2017 Panlok 82 Makassar, Ishaq Rahman, Selasa (9/5), “Hari ini terakhir pendaftaran hingga percetakan kartu ujian”. Menurutnya, jumlah pendaftar pada tahun 2017 sudah melebihi tahun lalu.

Tahun 2016 lalu, pendaftar hanya mencapai 44 ribu orang. Panitia sendiri sudah mengantisipsi membeludaknya jumlah pendaftar dengan mempersiapkan ruangan ujian sesuai dengan kebutuhan. Ishaq mengaku sejauh ini belum ada kendala yang dialami oleh pihaknya.

Dengan jumlah pendaftar yang sangat banyak, lalu adakah alternatif lain yang dapat mereka lakukan jika tidak lolos dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi  Negeri tersebut?

SBMPTN
Copyright©tempo

Ishaq kemudian menjelaskan bahwa bagi para peserta SBMPTN yang tidak lulus maka bisa mendaftarkan diri mereka melalui jalur mandiri. Jalur tersebut terbuka setelah pengumuman seleksi bersama pada 13 Juni mendatang.

Jadi Ishaq mengatakan pihaknya masih memberikan kesempatan kepada peserta yang ingin masuk ke Universitas Hasanuddin melalui jalur mandiri.

Baca Juga Catat, Ini Langkah-Langkah Untuk Daftar SBMPTN 2017!

Pada tahun ini, Universitas Hasanuddin akan menerima 30 persen mahasiswa baru melalui jalur mandiri atau berjumlah sekitar 1.590 orang. dengan total yang akan diterima Unhas sebanyak 5.295 mahasiswa baru, di antaranya jalur SNMPTN dan SBMPTN masing-masing disiapkan kuota 35 persen.

Sebelumnya telah diberitakan, bahwa calon peserta SBMPTN 2017 telah melebihi kuota yang disiapkan lh panlok 82 Makassar sebanyak 44 ribu. Menurut Koordinator Humas SBMPTN 2017, Ishaq Rahman jumlah pendaftar yang ada di Panlok 82 Makassar mencapai 44.487 peserta. Di antaranya Saintek 16.336, Soshum 13.463 dan Campuran 14.688.

Baca Juga Berita Terkini: Pendaftaran SBMPTN Dimulai Hari Ini!

Bahkan, jika nantinya ada calon peserta yang telah mendaftar dan membayar namun tidak mencetak kartu ujian, hal itu terjadi lantaran jumlah ruangan yang terdata di sistem online telah terisi semua.

Ia juga menjelaskan besarnya jumlah peserta yang mendaftar membuat ruangan yang dialokasikan penuh. Sehingga panitia mengaktifkan ruangan-ruangan cadangan. Maka dari itu, ia mengimbau kepda peserta agar tidak panik.

Baca Juga Usai SNMPTN, Kini Giliran SBMPTN yang Akan Jaring 128.244 Mahasiswa!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY