BPJS Ketenagakerjaan Apresiasi Tinggi Kepatuhan Perusahaan BUMN!

1
596
BPJS Ketenagakerjaan
Copyrigth©okezone

BPJS Ketenagakerjaan Apresiasi Tinggi Kepatuhan Perusahaan BUMN!

Indowarta.com – Kepatuhan perusahaan dalam memberikan hak perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh BPJS ketenagakerjaan, dinilai menjadi salah satu bentuk kepeduluan kepada kesejahteraan pekerja.

PT Pertamina, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), dan PT kereta Api Indonesia (KAI), sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang telah melaksanakan kewajibannya sebagai peserta aktif BPJS Kesehatan yang aktif dan tertib.

Maka dari itu BPJS Ketenagakerjaan memberikan apresiasi kepada perusahaan BUMN tersebut. Apresiasi itu disampaikan dalam acara Sosialisasi Jaminan Kecelakaan Kerja – Return to Work (JKK-RTW) yang bertempat di Hotel Saripan Pacific, Jakarta, Senin (8/5).

Apresiasi kepada PT KAI diberikan ini atas kepatuhannya karena telah mengikuti 4 program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kematian.

Sementara untuk PT Pertamina dan PT PLN diapresiai lantaran telah mendaftarakan semua pekerja mereka dengan upah yang sebenarnya dan akan segera mengikutsertakan pekerjanya dalam program Jaminan Pensiun, sesuai dengan peraturan perundang-unangan, yang mewajibkan mereka mengikuti 4 program.

bpjs ketenagakerjaan
Copyright ©bisnisLiputan6

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, Krishna Syarif mengatakan, perusahaan-perisahaan tersebut telah mendaftarkan semua tenaga kerjanya untuk mengikuti seluruh program dari BPJS dengan upah yang sebenarnya.

Sehingga tidak lagi termasuk dalam kategori Perusahaan Daftar Sebagian (PDS) Program, Upah, atau tenaga Kerja, maka dari itu pihaknya berharap agar perusahaan BUMN lain dapat dengan segera mengikuti jejak tiga perusahaan tersebut.

Dikesempatan yang sama PT Samsung Electronic Indonesia dan PT Hindo juga mendapatakan apresiasi sebagai perusahaan dengan angka kecelakaan terendah. Selain itu juga dijelaskan manfaat dari program JKK-RTW kepada seluruh undangan yang hadir.

Ruang lingkup perlindungan JKK ini meliputi perjalananan dar rumah menuju tempat kerja, saat bekerja, maupun perjalanan pulang dari tempat kerja ke rumah, serta perjalanan dinas dan penyakit akibat kerja.

Hingga Maret 2017, di Indonesia trdapat 31.844 kasus kecelakaan kerja yang dilaporkan oleh perusahaan dan peserta.sedangkan manfaat JKK adalah pembiayaan pengobatan tanpa batas sesuai dengan kebutuhan medis, santunan tidak mampu bekerja, kematian, kecelakaan kerja sejumlah 48 kali gaji.

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan sangat lengkap dan akan memberikan ketenangan serta kesejahteraan kepada pekerja sehingga dapat meningkatkan produktifitas mereka.

Baca Juga Berita Terkini: Laporan Tahunan BPJS Ketenagakerjaan Wajib diketahui!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here