Berita Terkini: Vonis 2 Tahun Penjara Untuk Ahok Berdampak Terhadap Politik Indonesia?

1
1042
Ahok
Copyright©detik

Vonis 2 Tahun Penjara Untuk Ahok Berdampak Terhadap Politik Indonesia?

Indowarta.com – Pengamat menilai vonis dua tahun penjara yang diberikan oleh majelis hakim pada terdakwa kasus penodaan agama, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan berdampak pada partisipasi kelompok minoritas dalam kehidupan politik di Tanah Air.

Seperti yang dituturkan oleh Ketua YLBHI, Asfinawati, yang berpendapat bahwa vonis Ahok tersebut ‘akan sangat menakutkan’ bagi kelompok minoritas untuk bersuara atau mungkin membuat mereka berpikir ulang untuk masuk dalam dunia politik, pilkada atau pilpres.

Terlepas dari dampak tersebut, ia juga mengatakan bahwa keputusan hakim yang menyatakan mantan Bupati Belitung Timur tersebut terbukti melakukan penodaan agama bisa menjadi contoh yang buruk sekaligus menunjukkan langkah mundur yang luar biasa.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: JK Minta PBB tak Ikut Campur Soal Hukuman Ahok!

Asfinawati mengatakan bahwa seorang pejabat publik dengan posisi yang tinggi masih dapat dikriminalkan dengan pasal tersebut. Jika biasanya seseorang dalam posisi yang tinggi dalam proses peradilan di Indonesia bisa bebas jika dibandingkan dengan rakyat biasa, tenyata kini kena juga.

Nantinya orang akan lebih berhati-hati dan takut jika berbicara mereka akan kena pasal penodaan agama. Karena kalau ‘salah omong’ bisa terjerat pidana. Mungkin saat ini seperti menyasar minoritas, namun suatu saat nanti semua orang akan mendapatkan gilirannya kalau tidak mematikan pasal ini karena tergantung pemerintah yang berganti-ganti.

Copyright©Merdeka

Menurut Asfinawati seperti yang menimpa Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Pasalnya sehari sebelum pembacaan vonis Ahok, Senin (8/5), melalui Menkopolhukam, Wiranto, pemerintah mengumumkan langkah membubarkan HTI yang dianggap telah bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945 dan menciptakan benturan di masyarakat.

WAJIB BACA :  PBB Desak Indonesia untuk Cabut Hukuman Ahok!

Bendera HTI muncul ditengah massa dalam aksi-aksi menuntut hukuman berat terhadap Ahok. Lalu apakah vonis Ahok dapat dilihat sebagai ‘kompensasi’ atas langakah pemerintah membubarkan HTI?

Hal itu langsung dibantah oleh Sri Budi Eko Wardani selaku Direktur Eksekutif Pusat Kajian Politik (Puskapol) Universitas Indonesia. menurutnya keputusan ini memiliki dampak politis yang tidak sederhana.

Ia melihat vonis Ahok akan membawa Indonesia dalam kondisi yang darurat karena semakin menguatkannya politisasi identitas etnis dan agama. Seperti yang diketahui, Majelis Hakim PN Jakut, memvonis Ahok dua tahun penjara meski jaksa menuntut hukuman satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun.

Usai di vonis, Ahok langsung menjalani masa hukuman di Rutan Cipinang. Namun tim penasihat suami Veronica Tan tersebut kini sedang mengupayakan penangguhan penahanan maupun perlakuan tahanan kota sejalan dengan pengajuan banding.

Baca Juga Berita Terkini: Kala Ahok Bertemu dengan Djarot di Rutan Cipinang

1 COMMENT

  1. Dibalik ahok dipenjarakan banyak hal akan mucul, negara ini akan dalam tekanan baik dri luar atau dalam, organisasi” pembut kekacauan hrus segera di bubarkan, Egoisme agama terlihat, klau islam sudah berhasil, dan kalau negara ini negara islam maka agamalain maudi posisikan pada negara ini apa ?……. ahok disebut” penista agama mereka yang berfikir demikian adalah orang” egois dengan agamanya dan itu bukan kebenaran.

LEAVE A REPLY