Berita Terkini: Usai Ahok Divonis 2 Tahun, Kini Giliran Buni Yani Segera Diadili di Bandung!

0
864
Buni Yani
Copyright©viva

Usai Ahok Divonis 2 Tahun, Kini Giliran Buni Yani Segera Diadili di Bandung!

Indowarta.com – Kemarin Selasa, 9 Mei 2017 Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama alias Ahok telah divonis dua tahun pejara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Setelah Vonis Ahok kali ini giliran Buni Yani yang akan menjalani persidangan di Pengadolan Negeri (PN) Bandung beberapa hari kedepan.

Diketahui jika Buni Yani merupakan tersangka kasus dugaan  melontarkan kebencian dengan menggunakan potongan video pidato Ahok. Buni saat itu menambahkan caption di bawah unggahan video Ahok yang menyinggung Surat Almaidah 51 di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Sedangkan untuk Ahok akibat video berdurasi setengah menit tersebut harus berurusan dengan pihak yang berwajib. Ahok kini harus medekam di Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur akibat video yang dianggap melakukan penodaan terhadap agama itu.

Buni Yani
Copyright©klimg

Kasus Buni sendiri juga segera masuk dalam persidangan dan akan menentukan nasibnya nanti. Kejaksaan Tinggi Jawa Barat sendiri kini tengah mengumpulkan berkas guna menyidangkan tersangka kasus dugaan ujaran kebencian itu.

Sebelumnya Buni Yani sendiri akan dijadwalkan menjalani sidang di Pengadilan Negeri Depok. Namun dengan alasan keamanan dan ketertiban dalam persidangan nanti akhirnya dipindah ke Pengadilan Negeri Bandung.

Hingga kini Kejaksaan Tinggi Jawa Barat tengah menyempurnakan surat dakwaan untuk dilimpahkan ke PN Bandung. Mengenai hal tersebut juga dijelaskan oleh Setia Untung Arimuladi selaku Kepala Kejati Jabar pada Selasa, 9 Mei 2017.

‘Insya Allah dalam waktu yang tidak lama lagi dakwaan akan segera dilimpahkan ke pengadilan dan kasus ini bisa secepatnya digelar’ Ujarnya.

Sementara itu Buni sendiri diktahui sudah bebrapa kali diperiksa di Kepolisian dan Kejaksaan. Sebelumnya Polda Metro Jaya sempat menyerahkan berkas kasus pria ini ke Kejaksaan Tinggi Negeri DKI Jakarta namun dikembalikan lagi.

Akhirnya berkas tersebut diserahkan ke PN Depok karena Buni sendiri tinggal di Depok, Jawa Barat. Sedangkan pemindahan persidangan dari PN Depok ke PN Bandung sendiri sudah mendapat persetujuan dari Mahkamah Agung (MA).

Buni Yani doipastikan akan menjalani sidang di Pengadilan Negeri Bandung dan sudah ditetapkan oleh Jaksa Agung, HM Prasetyo. Namun hingga kini pihak kejaksaan masih belum bisa memastikan kapan sidang tersebut akan dimulai karena masih menyelesaikan berkas dakwaan.

baca juga :  Buni Yani: Saya Tidak Bodoh Karena Mengajar Mata Kuliah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here