Berita Hari Ini: Demo Buruh Di Istana Hari Ini Tuntut Penghapusan Outsourcing, Setuju?

0
2406
Demo Buruh-

Berita Hari Ini: Demo Buruh Di Istana Hari Ini Tuntut Penghapusan Outsourcing, Setuju?

Indowarta.comDemo Buruh rencananya akan mewarnai depan Istana Negara pada hari ini. Aksi tersebut menyusul tindakan Pemutusan Hubungan Kerja ( PHK ) di sejumlah pabrik di Cikarang Bekasi. Setidaknya ada 100 orang yang ikut aksi untuk menunjukkan solidaritasnya kepada buruh yang terkena PHK.

Tidak jauh berbeda dengan aksi sebelumnya, dalam demo Buruh tersebut, para buruh akan menuntut penghapusan system Kerja Kontrak atau outsourcing dan peninjauan kembali peraturan pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan.

Sebelumnya, Sejumlah perusahaan yang menyatakan akan menutup usahanya di Indonesia adalah PT Panasonic Lighting di cikarang dan Pasuruan Jawa Timur, serta PT. Toshiba Indonesia . hal ini diperkirakan akan ada 2500 buruh yang akan terkena PHK dari penutupan dua pabrik Elektronik tersebut.

Demo Buruh

Kedua Pabrik tersebut yaitu Panasonic Lighting dan Toshiba mengumumkan Penutupan tersebut pada Awal Tahun lalu di bulan Januari. Dan pada saat ini, Para pekerja tengah dalam proses Negoisasi pesangon. Perusahaan akan resmi berhenti beroperasi pada Bulan Maret mendatang.

Diluar dari perusahaan elektronik Raksasa tersebut, terdapat juga perusahaan Elektronik lain asal Korea Selatan yang juga mengumumkan akan menutup Pabriknya di Indonesia yaitu PT Samoin yang telah melakukan pemutusan hubungan kerja sebanyak 1.200 Karyawannya dan ada juga PT Starlink yang memPHK 500 Pekerja. Keduanya selesai pada Januari lalu.

Sementara itu menanggapi Demo Buruh pada hari ini di Istana Negara, Polresta Tangerang menerjunkan setidaknya 528 Personel untuk mengamankan aksi buruh yang rencananya akan dilaksanakan tepat hari ini.

Personel tersebut akan di tempatkan di beberapa titik wilayah pemberangkatan seperti jalur masuk Tol Balaraja dan Bitung.

Kapolresta Tangerang mengatakan bahwa terus melakukan pemantauan pergerakan Demo buruh mulai berangkat sampai dari  titik kumpul hingga tujuan.

Kapolresta Tangerang juga mengatakan bahwa dalam pengamanan Aksi Demo Buruh tersebut, Polresta Tangerang dibantu dengan personel dari Polda Metro Jaya sebanyak 1 SSK (100 personel).

Diketahui sebelumnya bahwa Aksi Demo Buruh tersebut menuntut untuk peninjauan kembali tentang pengupahan dan penghapusan Kontrak Kerja outsourcing.

baca juga : Berita Terkini: Jadi Tumbal Harga Minyak Dunia Terus Merosot, Ratusan Ribu Orang Di PHK !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here