Ups. .Kecanduan Main Sosial Media Bisa Picu Masalah Psikologi?

0
537
Sosial Media
Copyright©jalantikus

Ups. .Kecanduan Main Sosial Media Bisa Picu Masalah Psikologi?

Indowarta.com– Menggunakan sosial media ini memang sesuatu yang menyenangkan bagi sebagian orang di muka bumi ini. Tidak heran juga apabila sosial media ini bisa membuat para penggunanya menjadi sangat betah selama berjam-jam. Namun para ahli telah memberikan saran agar tidak menggunakan sosial media dengan terlalu sering.

baca juga : Berita Terkini: Grup FB ‘Lendir’ Jajakan Gadis dibawah Umur Sampai dengan Mamah Muda!

Dilansir dari Boldsky, sebauh penelitian yang telah dilakukan oleh Universitas DePaul di Amerika Serikat ini pun telah menunjukkan bahwa kebiasaan buruk ini nantinya akan bisa mengganggu kognitif setiap penggunanya. Tentu saja hal ini akan bisa mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Para peneliti ini menerapkan perspektif teori psikoogi konitif, serta ilmu saraf yang menemukan adanya dua mekanisme yang berbeda di otak. Di dalam sistem tersebut bisa mengendalilkan reaksi stimulus yang berkaitan dengan perilaku.

Sosial Media
Copyright©jalantikus

Penelitian yang dilakukan ini pun telah mendapatkan respon yang banyak dari masyarakat. Telah tercatat bahwa sebanyak 341 mahasiswa sarjana dari sebuah Universitas di Amerika Serikat yang telah memberikan tanggapan mereka melalui media sosial Facebook. Dari hasil penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang telah kecanduan mencari informasi di sosial media ini akan mengalami masalah pada psikologi dan juga kognitifnya.

Ofir Turel dari California State University ini telah memaparkan “Ada sedikit peningkatan dalam penggunaan media sosial dapat bermasalah pada kognitif seseorang. Hal ini dapat menurunkan kinerja”.

baca juga : Setelah Pamela Dikecam di Ternate, Muncul di Fb Biduan Dangdut Hot Sampai Lakukan Hal Ini Lho!

Kecanduan sosial media ini akan mengakibatkan Obsessive complusive Disorder (OCD) yang merupakan sebuah gangguan yang akan membuat penderitanya akan merasa cemas yang berlebihan akan berbagai hal. Bahkan penderita OCD ini bisa melakukan sesuatu hal yang sama secara berulang-ulang tanpa alasan yang jelas. Tentu saja hal ini akan mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Selain itu, kecanduan sosial media ini juga akan bisa membuat penderitanya merasa depresi. Depresi ini akan bisa menyebabkan hilangnya minat dan juga semangat di dalam diri, malas beraktivitas, gangguan pola tidur bahkan bisa mendorong penderitanya untuk melakukan bunuh diri. Tentu kita tidak menginginkannya.

baca juga :

Waktu yang Tepat Untuk Makan Cokelat, Agar Tak Menyebabkan Gigi Berlubang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here