Berita Terkini: Menteri Yasonna Ungkapkan Alasan Pemindahan Ahok dari Rutan Cipinang ke Mako Brimob!

0
808
Menteri Yohanna
Copyright©nasionalkompas

Menteri Yasonna Ungkapkan Alasan Pemindahan Ahok dari Rutan Cipinang ke Mako Brimob!

Indowarta.com – Kali ini Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly memberikan alasan terkait pemindahan penahanan Basuki Thahaja Purnama alias Ahok. Menteri Yohana mengatakan jika terpidanan kasus dugaan penodaan agama tersebut dipindah dari Rutan Cipinang menuju ke Mako Brimob.

Mengenai alasan pemindahan ini deijelaskan langsung ole Menteri Yohanna saat berada di Gedung Pengayoman, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Dia mengatakan jika pemindahan tersebut kerena alasan kemanan terpidanan sendiri.

‘Pemindahan tresebut karena alasan keamanan. Diketahui didalam rutan Cipinang jua terdapat teroris dan setelah kami selidiki didalam tahanan juga bayak orang yang tak memilih Ahok’ ujar Yohanna H Laoly pada Rabu, 10 Mei 2017.

Menteri Yohanna
Copyright©nasionalkompas

Alasan lain juga diungkapkan oleh Menteri Yohanna yakni terkait dengan kapasitas dalam rumah tahanan Cipinang sendiri. Diketahui jika di Rutan Cipinang kini dalam kondisi kelebihannarapidanan atau over capacity.

Bukan hanya itu saja sering kali aksi unjuk rasa yang dilakukan di depan rutan tersebut. Aksi demonstrasi dijalanan depan rumah tahanan di Jakarta Timur itu juga sering kali melumpuhkan akses publik hingga tengah malam.

Maka dari itu dengan berbagai alasan tersebut terpidana Basuki Thahaja Purnama di pindah ke tahanan Mako Brimob. ‘Kapasitas tahanan sudah over yakni terdapat 3.733 didlamnya. Dan juga atas pertimbangan keamanan serta lalu lintas yang sering terjadi demo di depan jalan kami memindah Ahok ke Mako Brimob’ ujarnya.

Semenatra itu diketahui jika Ahok sendiri telah dijatuhi vonis dua tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Ahok dinyatakan bersalah dalam kasus dugaan penodaan agama yang dituduhkan kepadanya.

Sidang pembacaan vonis hukuman penjara itu sendiri dibacakan di Auditorium Kementerian Pertanian (Kementan) Ragunan, Jakarta Selatan pada Selasa, 9 Mei 2017. Setelah putusan tersebut dibacakan Ahok pun langsung dibawa menuju ke Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur.

Sedangkan Menteri Yasonna sendiri menampik jika pemindaan Ahok ke Mako Brimob merupakan suatu perlakuan khusus. ‘Tidak ada perlakuan spesial dan itu bukan perlakukan spesial. Banyak juga dulu orang yang dipindah dari rutan lain ke Mako Brimob’ tutup Yasonna.

baca juga : Berita Terkini: Usai Ahok Divonis 2 Tahun, Kini Giliran Buni Yani Segera Diadili di Bandung!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here