Berita Terkini: Dana Kelola BPJS Ketenagakerjaan Capai Rp 269 Triliun!

0
683
BPJS Ketenagakerjaan
Copyrigth©okezone

Dana Kelola BPJS Ketenagakerjaan Capai Rp 269 Triliun!

Indowarta.com – Kali ini Badan Peyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelontorkan dana kelola mencapai Rp 269 pada tahun ini. BPJS Ketenagakerjaan kali tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 19 persen.

Pencapaian BPJS Ketenagakerjaan ini melampaui pencapaian tahun  lalu yakni Rp 226 triliun. Anggaran itu sediri diperoleh dari iuran seluruh peserta BPJS yang sudah terdaftar dan dilakukan setiap haris secara rutin.

Dana itu sendiri diguankan untuk memenuhi program-program yang sudah disedikan oleh lemabaga ini. Mulai dari program Jaminan Sosial (JHT), Jaminan Kematian (JKM, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Pensiun (JP).

bpjs ketenagakerjaan
Copyright ©bisnisLiputan6

Jaminan tersebut diberikan untuk memenuhi kesejahteraan para pekerja mulai dari saat pekerja hingga ketika sudah tak bekerja lagi. Hal ini juga dijelaskan oleh Amran Nasution selaku Direktur Pengembangan Investasi BPJS Ketenagakerjaan.

Amran mengatakan jika sebagian besar dana berasal dari uang peserta sendiri yakni sekitar 96 persen dari total keseluruhan dana. Sedangkan empat persen merupakan dana dari aset BPJS dan jika dinominalkan hanya sekitar 9 triliun.

‘Dana besar yang kami kelola merupakan dari pesrta sendiri yakni sebesar hampir 96 persen. Sedangkan dana itu nanti juga nantinya akan dikembalikan kepada peserta dalam bentuk proram jaminan sosial’ ujar Amran pada Rabu, 10 Mei 2017.

Sementara itu BPJS Ketenagakerjaan sediri dikelola demgan sistem dan prinsip kehati-hatian. Pasalnya penegelolaan dana sendiri bernilai besar dan mengacu pada aset jaminan sosial para pekerja yang ada ditanah air ini.

Hal tersebut juga telah dicantumkan dalam PP 99 tahun 2013 serta PP 55 tahun 2015.Semua kegiatan BPJS telah disajikan dengan laporan keunangan yang runtut sesuai dengan standart akuntasi yang kini diberlakukan.

Kegiatan tersebut juga secara regular diaudit oleh Kantor Auditor Publik (KAP) dan Badan Pemeriksa Keuangana (BPK). Bukan hanya itu saja lembaga yang mengenai jaminan sosial pekerja ini juga memberikan laporannya ke Presiden Jokowi.

BPJS Ketenagakerjaan menyampaikan akan terus menjaga kepercayaan yang diberikan oleh msyarakat pekerja untuk pengeolaan dana mereka. BPJS juga akan memberikan kinerja terbaik supaya nanti dapat memberikan manfaat yang optimal kepada peserta yang ada didalam lembaga tersebut.

baca juga : BPJS Ketenagakerjaan Apresiasi Tinggi Kepatuhan Perusahaan BUMN!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here