Berita Terkini: Inilah Alasan Mendagri Berhentikan Sementara Ahok!

0
1009
Tjahjo Kumolo
Copyrigth©tjahjokumolo

Berita Terkini: Inilah Alasan Mendagri Berhentikan Sementara Ahok!

Indowarta.com– Menteri Dalam Negeri yakni Tjahjo Kumolo ini telah mengatakan bahwa status dari Basuki Tjahaja Purnama atau yang kerap disapa dengan nama Ahok ini telah diberhentikan sementara dari jabatan Gubernur DKI Jakarta. Hal ini diterapkan karena Ahok sudah mengajukan banding atas vonis 2 tahun penjara yang sudah diputuskan oleh majelis hakim dalam kasus dugaan penisataan agama.

Tjahjo di Hotel Sultan, Jakarta Utara pada hari Rabu 10 Mei 2017 ini telah mengatakan “(Diberhentikan) sementara sampai inkrah nanti. Kan beliau (Ahok) masih mengajukan banding kemarin, kami sudah minta surat ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara dan sudah kami sampaikan ke Bapak Presiden”.

Poliltikus dari PDI P ini pun telah memberikan penjelasan bahwa Ahok ini telah diberhentikan karena vonis 2 tahun penjara yang membuatnya tidak akan dapat memimpin daerah. Tjahjo mengatakan “Makanya wakilnya cepat untuk menggantikan. Jangan sampai malam ini, sebab ada hal yang harus diputuskan DKI, karena kebijakan surat enggak ada yang teken Wagub itu enggak ada, yang ada Gubernur”.

Mendagri
Copyrigth©tjahjokumolo

Sebelumnya Tjahjo sendiri telah mengatakan bahwa dasar dari pengangkatan Wakil Gubernur DKI Jakarta yakni Djarot Saiful Hidayat sebagai Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta ini adalah Pasal 65 ayat 3 UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Mendagri Tjahjo Kumolo pada hari Selasa 9 Mei 2017 ini telah mengatakan “Berdasarkan Pasal 65 ayat 3 UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menegaskan, bahwa kepala daerah yang sedang menjalani masa tahanan dan tidak bisa menjalankan tugas dan wewenangnya, sebagaimana dimaksud ayat 1 dan ayat 2”.

Oleh sebab itu Tjahjo telah mengatakan bahwa pihaknya ini akan mengirimkan surat ke pengadilan Negeri Jakarta Utara minta salinan putusan Ahok guna keperluan pengangkatan Plt melalui Keputusan Presiden. Mendagri Tjahjo menjelaskan “Karena kita tidak bisa dasarnya lihat di tv. Dasarnya harus ada nomor dan sebagainya, karena kami harus melaporkan kepada Bapak Presiden menyangkut Keppres”.

baca juga :

Berita Terkini: Menteri Yasonna Ungkapkan Alasan Pemindahan Ahok dari Rutan Cipinang ke Mako Brimob!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here