Berita Terkini: Pendukung Ahok Gelar Aksi di Tugu Proklamasi Demi Tangguhkan Penahanan Ahok!

0
544
massa pro Ahok
Copyright©Kompas

Pendukung Ahok Gelar Aksi di Tugu Proklamasi Demi Tangguhkan Penahanan Ahok!

Indowarta.com – Ratusan pendukung Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama alias Ahok menggelar aksi solidaritas. Aksi tersebut mereka gelar di Tugu Proklamasi, Pegangsaan, Jakarta Pusat, Rabu (10/5/2017) malam.

Aksi tersebut sengaja di gelar sebagai wujud kekecewaan para pendukung terhadap vonis 2 tahun penjara yang dijatuhkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara kepada mantan Bupati Belitung Timur atas kasus penodaan agama.

Tampak massa mengenakan pakaian serba hitam. Mereka terdiri dari berbagai kalangan yang menyatu dan mulai memadati Tugu Proklamasi sekitar pukul 18.00 WIB. selain itu massa pro Ahok juga melingkarkan pita berwarna hitam di lengan mereka.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: JK Minta PBB tak Ikut Campur Soal Hukuman Ahok!

Selanjutnya, sekitar pukul 18.45, massa memulai aksi mereka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diiringi dengan alunan biola. Kakak angkat suami Veronica Tan, Nana Riwayatie juga tampak menghadiri aksi tersebut.

aksi solidaritas
Copyright©CNN Indonesia

Saat ditemui di Tugu Proklamasi, salah seorang penggagas aksi, Nong Darol Mahmada, mengatakan bahwa aksi yang diselenggarakan tersebut merupakan wujud keprihatinan pendukung Ahok atas vonis yang dijatuhkan majelis hakim. Mereka mengaku kecewa dan sedih.

Sedangkan menurut Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, Grace Natalie mengatakan aksi itu untuk menuntut keadilan bagi Ahok. Namun pihaknya mengaku tidak mengintervensi proses hukum. Karena proses hukum mekanismenya harus dilalui.

Menurut keterangan yang dilontarkan oleh Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, ada banyak orang selain dirinya yang mengajukan permohonan dan menjamin penahanan Ahok. Namun ia tidak mengetahui siapa saja orang yang mengajukan diri sebagai penjamin.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Ahok Cabut Gugatan Banding Jaksa Kok Tetap Lanjutkan?

Djarot mengaku hanya mengetahui ada beberapa orang yang mengajukan permohonan, diantaranya Ketua Umum PPP Djan Faridz dan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi.

Ia juga mengaku telah menandatangani surat pengajuan sebagai penjamin penangguhan penahanan, ia berharap agar pengadilan bisa mengabulkan permohonannya. Menurutnya jaminan yang dia berikan itu menyeluruh, termasuk siap menggantikan Ahok dipenjara saat terjadi sesuatu.

Ia ingin ‘pasangan duetnya’ tersebut dijadikan tahanan kota sehingga tidak perlu ditahan. Ia menilai bahwa selama ini Ahok bersifat kooperatif, tidak pernah menghilangkan barang bukti dan selalu hadir dalam setiap persidangan. Ahok resmi menjadi terpidana kasus penodaan agama pada Selasa (9/5).

Baca Juga Berita Terkini: Inilah Alasan Mendagri Berhentikan Sementara Ahok!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY