Berita Hari Ini : Tak Ingin Didahului Alibaba, Matahari Siap Akuisisi Saham MatahariMall.com

0
4075
mataharmall

Berita Hari Ini : Tak Ingin Didahului Alibaba, Matahari Siap Akuisisi Saham MatahariMall.com

indowarta.com– Matahari baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan mengakuisisi sebanyak 5 persen saham di MatahariMall. Imbas dari akuisisi tersebut adalah membuat operator perbelanjaan Hypermart, Smartclub, Foodmart, Boston dan FMX ini memiliki pengusaaan saham sebesar 10 persen di MatahariMall.

Direktur mataharmall, dani konjongian mengatakan bahwa pada saat ini pihaknya tengah menyiapkan berbagai pilihan untuk akuisisi tersebut. Sebelumnya matahari pernah mengakuisisi saham sebesar 2,5 persen saham mataharimall. Hal ini membuat penguasaan saham matarhari terhadap mataharimall meningkat sebesar 5 persen.

Transaksi akuisisi saham tersebut dikatakan sebagai bentuk kerja sama antara matahari dengan matarharimall dalam jangka panjang. Pihak matahari sendiri memandang bahwa usaha e-commerce sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis retailnya.

mataharmall

Dengan adanya akuisisi saham ini tentunya akan membuat persaingan pasar e-commerce di Indonesia semakin memanas. Beberapa hari yang lalu saham perusahaan yang juga satu jenis dengan matahariall yaitu lazada juga telah diakuisisi. Saham lazada telah diakuisisi oleh raksasa e-commerce Tiongkok yaitu Alibaba.

Tidak tanggung-tanggung, niali akuisisi tersebut mencapai nilai USD 1 milliar. Jumlah dana tersebut jauh mengalahkan dana sebesar USD 500 juta milik mataharimall untuk menguasai pasar e-commerce di Indonesia.

Mataharimall sendiri merupakan situs perdagangan elektronik Indonesia yang menyediakan lebih dari ratusan ribu pilihan produk kebutuhan. mulai dari fashion wanita, fashion pria, kesehatan dan kecantikan, handphone dan tablet, laptop, gadget, elektronik, lifestyle, hobi, hingga keperluan rumah tangga.

Alibaba adalah perusahaan e-commerce yang didirikan oleh seorang berasa dari Tiongkok yaitu Jack Ma. Alibaba merupakan perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok. Jack Ma yang merupakan guru bahasa inggris ini kini termasuk dalam jajaran orang terkaya di Tiongkok.

Nama Alibaba diambil ketika dia berada di sebuah kedai kopi di San Fransisco. Saat itu dia berfikir apa nama perusahaan yang pantas dan mudah dikenal oleh banyak orang. Ketika itulah dia mendapatkan ide dengan menamai perushaannya Alibaba.

baca juga :

Berita Hari Ini : Tak ada Tanda Tanda Bom di IKEA Alam Sutera, Pelaku Diduga Hanya Iseng !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here