Berita Terkini: Ada Muatan Politik dibalik Vonis 2 Tahun Untuk Ahok?

0
811
Copyright©Headlineislam

Ada Muatan Politik dibalik Vonis 2 Tahun Untuk Ahok?

Indowarta.com – Usai pembacaan vonis Ahok, kini tim kuasa hukum terpidana kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan mendalami apakah perkara klien mereka terebut bermuatan politis.

Menurut salah satu kuasa hukum Ahok, Sirra Prayuna, vonis Ahok yang dijatuhkan majelis hakim tersebut tidak bisa dilepaskan dari dinamika pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta lalu.

“Atmosfir Pilkada masuk dalam kerangka berpikir. Kita tidak bisa menafikan proses elektoral,” ujar Sirra di Jakarta, Rabu (10/5).

Ia kemudian mencontohkan saat tim kuasa hukum membahas soal ancaman kebhinekaan dalam persidangan. Menurut Sirra, hakim merasa kekhawatiran dengan pembahasan itu lantaran tidak terkait dengan materi sidang.

vonis Ahok
Copyright©detik

Akan tetapi disisi lain, Sirra melihat ada kontradiksi lantaran rumusan pertimbangan majelis hakim malah terbaca ada nuansa politis.

Disisi lain Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan dalam siaran persnya menilai perkara Ahok kental dengan muatan politik. Trimedya Panjaitan selaku Ketua Bidang Hukum, HAM, dan Perundang-Undangan DPP PDI Perjuangan tidak ingin peristiwa yang menimpa Ahok merusak sendi-sendi negara.

Seperti yang telah diketahui, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara memvonis Ahok dengan hukuman penjara selama dua tahun. Ahok dinyatakan terbukti bersalah secara sah meyakinkan melakukan penodaan agama.

Pengadilan juga memutuskan untuk langsung menahan Ahok. Disisi lain, diluar vonis Ahok yang dianggap kontroversial dan tak lazim, Trimedya mengatakan dirinya sulit menerima keputusan hakim yang memerintahkan menahan Ahok.

Seharusnya hal itu tidak perlu lantaran selama maa persidangan mantan Bupati Belitung Timur ini begitu kooperatif. Akan tetapi ia mengapresiasi langkah aparat yang memindahkan tempat penahanan Basuki dari Rutan Cipinang ke Mako Brimob.

Hal itu dilakukan dengan alasan keselamatan dan ketertiban. Mengingat dengan berbagai persoalan yang sering terjadi di Rutan, maka tahanan di Brimob jauh lebih kondusif.

Selain itu tak sedikit pendukung Ahok yang merasa kecewa dan sedih dengan vonis yang telah dijatuhkan. Mereka tampak menggelar aksi solidaritas sebagai wujud kekecewaan mereka. Ada pula yang mengajukan permohonan penangguhan penahanan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Baca Juga Berita Terkini: Inilah Alasan Mendagri Berhentikan Sementara Ahok!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here