Berita Terkini: Ratusan Rumah Ambruk Saat Diguncang Gempa China Sebesar 5.5 SR!

0
833
Copyright©AP

Ratusan Rumah Ambruk Saat Diguncang Gempa China Sebesar 5.5 SR!

Indowarta.comGempa berkekuatan 5,5 skala richter (SR) mengguncang bagian barat China pada Kamis (11/5/2017). Menurut laporan badan administrasi gempa di wilayah tersebut, akibat gempa China itu sebanyak delapan orang tewas dan lebih dari 20 lainnya luka-luka.

Gempa China pada kamis pagi ini terjadi tepat di daerah Taxkorgan, daerah pegunungan terpencil yang berbatasan dengan Tajikistan, Afganistan dan Pakistan di wilayah Xianjiang. Aministrasi Xianjiang mengatakan lebih dari 180 rumah ambruk akibat musibah ini.

Menurut keterangan yang dipaparkan oleh Badan Survei Geologi AS mengatakan bahwa gempa yang terjadi pada kedalaman 10 kilometer tersebut terjadi pada Kamis (11/5) sekitar pukul 05.58 pagi (Rabu pukul 21.58 GMT).

Baca Juga Berita Terkini: Analisa BMKG Soal Gempa di Filipina!

Pusat lindu yang dangkal tersebut menyebabkan guncangan begitu terasa di permukaan, sehingga menyebabkan terjadi lebih banyak kerusakan.

gempa China
Copyright©AP

Wilayah ini memiliki populasi sekitar 33 ribu penduduk, dan terkenal sebagai pemberhentian di Jalan Raya Karakoram. Tempat dibangunnya Jalan Sutera kuno yang menghubungkan kota Kashgar ke ibu kota Pakistan, Islamabad.

“8 orang terbunuh, 11 lainnya luka-luka setelah gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter mengguncang barat Xinjiang, China,” tulis Xinhua melalui akun Twitter-nya, @XHNews.

Menurut penjelasan yang diberikan oleh kantor berita resmi Xinhua, gempa susulan sempat terasa saat pekerjaan pencarian dan pertolongan sedang berlangsung.

Baca Juga Berita Terkini: Diguncang Gempa 5.4 SR, 52 Rumah di Tasikmalaya Rusak Parah!

Gempa China ini umum terjadi tepatnya di barat China, kepadatan populasi di wilayah tersebut rendah, sehingga tidak memakan korban jiwa terlalu banyak. Namun pada tahun 2003 silam, gempa berkekuatan 6,8 SR didekat lokasi gempa China ini telah menewaskan 268 orang.

Gempa China yang dianggap paling mematikan di abad ini terjadi di Provinsi Sichuan pada Mei 2008 lalu. Gempa dengan kekuatan 7,9 SR dengan kedalaman 19 kilometer tersebut menewaskan hampir 90 ribu orang.

Rumah-rumah warga di daerah tersebut juga tampak roboh akibat guncangan itu. Warga berkumpul di dekat reruntuhan rumah mereka usai diguncang gempa dengan kekuatan 5,5 SR. Tentara juga membantu warga membersihkan puing-puing bangunan usai musibah itu.

Baca Juga Berita Terkini: Gempa Berkekuatan 6.9 SR Guncang Chile!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here