Berita Terkini: Transportasi Online Harus Punya Standar Pelayanan Minimum?

0
548
Transportasi Online
Copyright©hukumonline

Berita Terkini: Transportasi Online Harus Punya Standar Pelayanan Minimum?

Indowarta.com– Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) baru-baru ini telah melakukan sebuah survey bagi apra pengguna jasa transportasi online. Survey yang telah dilakukan tersebut melibatkan 4.668 responden dan dilakukan pada 5 hingga 16 April 2017.

Tulus Abadi yang merupakan Ketua Pengurus Harian YLKI ini telah mengatakan bahwa dari hasil survey tersebut membuktikan belum adanya standar pelayanan minimal yang diterapkan oleh para penyelenggara jasa transportasi online.

Tulus Abadi pada hari Jumat 12 Mei 2017 ini telah mengatakan “Hasilnya, tidak adanya standar pelayanan minimal yang diberikan oleh operator transportasi yang bersangkutan. Dampaknya potensi kerugian konsumen sangat besar”.

Transportasi Online
Copyright©republika

Hal ini telah dibuktikan dengan adanya 41 persen pengguna transportasi ini mengaku telah dikecewakan. Bentuk dari kekecewaan responden atas transportasi online ini memanglah sangat beragam.

Tulus menyebutkan bahwa terdapat sebanuyak 13 ragam keluhan yang telah dialami oleh para konsumen. Keluhan tersebut adalah pengemudi minta dibatalkan sebanyak 1.041 responden (22.3 persen), sulit mendapatkan pengemudi sebanyak 989 responden (21.19 persen), pengemudi membatalkan pesanan secara sepihak sebanyak 757 responden (16.22 responden), aplikasi map rusak/error sebanyak 612 responden (13.11 persen).

Tidak hanya itu saja, ada juga keluhan pengemudi tidak datang sebanyak 296 responden (6.34 persen), kondisi kendaraan kurang baik sebanyak 282 responden (6.04 persen), pengemudi ugal-ugalan sebanyak 221 responden (4.73 persen), kendaraan bau asap rokok sebanyak 215 responden (4.61 persen), dan pengemudi merokok saat mengemudi sebanyak 35 responden (0.75 persen).

Tulus mengatakan bahwa oleh karena itu para perusahaan transportasi online ini sebaiknya menetapkan standar pelayanan minimal yang khususnya pada pelayanan transportasi taksi oline. Standar pelayanan minimal ini memanglah sangat urgen guna menjamin pelayanan yang terukur bagi para konsumen transportasi online ini.

Layanan trasnportasi online ini memanglah sangat membantu bagi para penggunanya. Dengan layanan trasnportasi online ini, aktifitas masyarakat menjadi lebih terbantu lagi dengan adanya layanan trasportasi online. Namun pelayanan terhadap konsumen ini juga tidak bisa diabaikan begitu saja.

baca juga : 

Berita Terkini: Survey Mengejutkan Soal Transportasi Online, 41 Responden Mengaku Kecewa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here