Berita Terkini: Santunan Kecelakaan Naik 2 Kali Lipat, Iurannya Tetap Kok!

0
242
Santunan Kecelakaan
Copyright©kementerianBUMN

Santunan Kecelakaan Naik 2 Kali Lipat, Iurannya Tetap Kok!

Indowarta.com – Kali ini Santunan Kecelakaan akan naik dua kali lipat dari santunan sebelumnya. Hal tersebut diketahui dari sosialisai yang dilaukan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani yang diselenggaraka hari ini Jumat, 12 Mei 2017.

Sri Mulyani melakukan sosialisasi tentang kenaikan Santunan Kecelakaan penumpang umum dan korban kecelakaan lalu lintas dari PT Jasa Raharja (Persero). Dalam sosialisasi tersebut perusahaan plat merah itu menaikan santunan transportasi kecelakaan lalu lintas tahun 2017 sebesar dua kali lipat.

Persuahaan Jasa Rajasa juga mengatakan jika meskipun naik iuran yang ditarik akan tetap. Mulai iuran wajib (IW) hingga Sumbangan Wajib (SW) yang sudah ditentukan oleh perusahaan ini sebelumnya akan tetap dan tidak akan dinaikan.

Santunan Kecelakaan
Copyright©kementerianBUMN

Dalam sosialisai ini Jasa Raharja juga memberikan sejumlah manfaat baru disamping kenaikan santunan untuk korban kecelakaan lalu lintas. Kali ini perusahaan milik pemerintah ini memebrikan manfaat berupa biaya pertolongan pertama.

Biaya pertolongan pertama tersebut yakni biaya pertolongan pertama kecelakaan dan penggantian biaya ambulans. Santunan Kecelakaan sendiri memang disediakan untuk pemerintah karena mengantisipasi jika transportasi umum milik negraa mengalami kecelakaan.

Hal ini juga dituturan oleh Sri Mulyani saat berada di Gedung Dhanapala, Kementerian Keunagan, Jakarta Pusat pada Jumat, 12 Mei 2017. ‘Seperti diketahui jika tanggal 1 Juni mendatang yakni sebelum Idul Fitri merupakan puncak perjalanan kemana-mana. Ada yang mudik ke kampung halaman ataupun hanya untuk bersilahturahmi antar kota. Maka dari itu traffic besar probaitti sangat tidak dikehendaki’ ujarnya.

Sementara perubahan Santunan Kecelakaan sendiri yakni diatur dalam PMK Nomor 15 dan 16 tahun 2017. Dadalamnya yakni Santunan Meninggal dunia mendapatkan Rp 25 juta sebelumnya dan ketentuan baru mendapatkan Rp 50 juta untuk ahli waris.

Kemudian santunan cacat tetap sebelumnya mendapatkan Rp 25 juta kini mendapatkan Rp 50 juta berdasarkan presentase tertentu. Santunan biaya perawatan luka-luka sebelumnya mendapatkan Rp 10 juta kini dinaikan menjadi Rp 20 juta.

Kemduian ada lagi yakni manfaat tambahan penggantian biaya P3K sebsar Rp 1 juta dan penggatian biaya ambulans Rp 500 ribu. Untuk biaya penguburan sebelumnya diberikan dana Rp 2 juta kini mendapatkan Rp 4 juta.

baca juga : Berita Terkini: 3 BUMN Ini Sedang Buka Lowongan Kerja Besar Besaran!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY