Berita Terkini: Tujuh Korban Meninggal Dunia Akibat Bencana Longsor di Luwu!

0
587
Longsor di Luwu
Copyright©TIMURNEWS

Tujuh Korban Meninggal Dunia Akibat Bencana Longsor di Luwu!

Indowarta.com – Hujan deras yang terus mengguyur mengakibatkan terjadinya bencana longsor di Luwu. Tanah longsir tersebut menimbun rumah penduduk yang berada di Dusun harapan Makmur Desa Maliwowo kecamatan Angkona Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (12/5) sekitar pukul 05.30 Wita.

Melalui siaran pers, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Jumat 12 Mei 2017, mengatakan longsor di Luwu tersebut menyebabkan 7 orangmeninggal dunia, 7 orang luka berat dan 14 rumah rusak akibat tertimbun material longsor.

Tak hanya itu, tanah longsor juga menutup lalu lintas jalan Trans Sulawesi-Tarengge Malili terputus karena tertimbun material longsor.

Baca Juga Berita Terkini: Berbagai Hal yang Bisa Picu Tanah Longsor Menurut Pemaparan UGM!

Longsor di Luwu
Copyright©Kompas

Hingga saat ini tujuh korban yang dinyatakan meninggal dunia sudah data dievakuasi dan teridentifikasi. Berikut ini daftar korban tewas akibat longsor di Luwu:

  1. Darwis (L)
  2. Olga (L)
  3. Nanni (P)
  4. Erna (P)
  5. Sri (P)
  6. Sul (L)
  7. Haerul (L)

Sementara tujuh korban luka berat yakni Sandi (L), Sindi (L), Ma Sandi (P), Ical (L), Emi (P), Cummang (L), dan Ma Candra (P). Korban yang mengalami luka-luka tersebut kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Lagalilo Wotu.

Menurut keterangan yang diberikan oleh Sutopo, satu korban kini masih alam proses evakuasi lantaran terjebak di dalam kendaraan yang tertimbun material tanah longsor. Pencarian, penyelamatana serta evakuasi korban juga masih terus dilakukan.

Menurutnya, data tersebut masih bersifat sementara karena longsor belum ditangani seluruhnya. Longsor susulan juga masih terjadi di beberapa titik. Penanganan darurat masih dilakukan oleh tim gabungan.

Sutopo mengatakan, BPBD Kabupaten luwu Timur kini dibantu oleh TNI, Polri, PMI, Dinas PU dan Dinas pemadam kebakaran melakukan evakuasi dan pembersihan longsor. BNBP juga telah mengirimkan personil tim reaksi cepat untuk mendampingi BPBD Luwu Timur.

Baca Juga Berita Terkini: Terjadi Tanah Longsor di Kawasan Cipaku Bandung, Akses Jalan Terputus! 

BNBP, juga memberikan bantuan dana siap pakai untuk operasional darurat. Lima alat berat juga telah diterjunkan ke lokasi longsor di Luwu guna menyingkirkan material longsor yang terdiri dari 3 unit Excavator dan 2 unit backhoe loader.

Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi longsor. Hujan dengan intensitas tinggi masih berpeluang terjadi selama musim pancaroba hingga Mei 2017.

Baca Juga Berita Terkini: Keluarga Korban Tanah Longsor di Ponorogo Dapatkan Santunan Rp 15 Juta!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here