Berita Terkini: Meski Tahanan Kota, Ahok Tak Akan Bisa Jadi Gubernur Lagi?

0
1616
Ahok
Copyright©liputan6

Meski Tahanan Kota, Ahok Tak Akan Bisa Jadi Gubernur Lagi?

Indowarta.com – Kali ini mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama alias Ahok tengah mendekam di tahanan setelah dijatuhi vonis dua ,tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada Selasa, 9 Mei 2017. Dengan penahanan ini membuat Ahok tak bisa lagi menjadi Gubernur meskipun dikatakan sebagai tahanan kota.

Hal ini dikatakan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Thahjo Kumolo saat diminta keterangan oleh sejumlah tim media. Dia menyebutkan jika Ahok tak bisa lagi menjadi Gubernur DKI Jakarta meskipun kini statusnya menjadi tahanan kota. Status tahanan itulah yang menjadi kendala untuk pria ini meneruskan massa jabatannya.

WAJIB BACA :  Ahok Sumbangkan Dana Rp 200 Juta Untuk Perbaikan Air Menari Monas !

Thahjo Kumolo mengatakan jika keputusan dipengadilan kemarin sudah jelas jika terdakwa bersalah dan dihukum dua tahun benjara serta dilakukan penahanan. ‘Kita tunggu saja nantinya bagaimana karena saya sendiri memang ahli hukum namun bukan pakar hukum. Sidang kemarin sudah menunjukan satu bagian dihukum dua tahun penjara dan dilakukannya penahana langsung setelahnya’ ujar Thahjo Kumolo saat ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat pada Jumat, 12 Mei 2017.

Ahok
Copyright©Merdeka

Sementara itu Ahok sendiri kemarin telah divonis dua tahun penjara oleh majelis hakim dan langsung diperintahkan untuk dilakukan penahanan. Mantan gubernur DKI Jakarta ini dinyatakan secara sah bersalah oleh hakim ketua Dwiarso Budi terkait kasus penodaan agama.

WAJIB BACA :  Ahok Sumbangkan Dana Rp 200 Juta Untuk Perbaikan Air Menari Monas !

Sementara itu Thahjo Kumolo mengatakan jika status Ahok menjadi tahanan itulah yang tidak bisa membuatnya menjadi Gubernur DKI Jakarta lagi dan harus dilengser. ‘Meskipun nanti banding menyebutkan ahok merupakan tahanan kota tetap saja tak bisa. Saya nggak melihat bebas atau ditahan di kota meskipun ditahan di Cipinang, Brimob atau tahanan kampung kan tetap saja ditahan’ ujarnya.

Tahjo sediri berharap salinan resmi keputusan pengadilan soal vonis Ahok ini dapat segera diterimanya. Dengan terimanya surat dari pengadilan tersebut nantinya dapat memberhentikan statusnya menjadi Guebrnur namun hanya sementara.

Setelah Ahok divonis kemarin membuat proses pelantikan Djarot Saiful Hidayat sebagai plt gubernur segera dilakukan secara cepat. Hal tersebut dilakukan karena pemerintah sendiri ingin pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat Jakarta tetap berjalan.

baca juga : Berita Terkini: Cerita Dibalik Foto Selamat Ahok dipenjara!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY