Dalang Tragedi Trisakti Mei 1998 yang Masih Jadi Misteri!

    0
    1081
    Copyright©netralnews

    Dalang Tragedi Trisakti Mei 1998 yang Masih Jadi Misteri!

    Indowarta.com – Mei merupakan bulan yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, pasalnya berbagai peristiwa penting dan besar terjadi. Tepat 18 tahun silam, pada 12 Mei 1998, 4 orang mahasiswa Trisakti tewas di tembak polisi di kampus mereka, yang biasa disebut Tragedi Trisakti.

    Tak banyak yang ingat dan peduli pada peristiwa berdarah yang memicu kerusuhan masal di sejumlah daerah di Indonesia itu. Hingga kini otak penembakan pun masih menjadi misteri. Hal itu hingga kini masih menjadi pertanyaan di benak masyarakat, hingga muncul nama Prabowo Subianto dan Wiranto.

    6.000 mahasiswa Trisakti, di kawasan Grogol, Jakarta Barat, pada 12 Mei 1998 awalnya adalah aksi damai yang juga diikuti dosen, pegawai dan alumnus universitas. Awalnya massa ingin mendengarkan orasi politik dari Jenderal Besat AH Nasution. Namun sayangnya ia absen dalam acara tersebut.

    Baca Juga Berita Terkini : Aksi Damai Buat Payung Sebagai Tanda Damai Dilakukan Mahasiswa Trisakti Tuntut Kejelasan Kasus 18 Tahun Silam !

    Pukul 13.00 WIB, massa keluar kampus menuju Jalan S Parman, Grogol, yang berada di depan kampus dan berencana ke Senayan.

    Saat itu, mereka dilarang demo ke luar kampus. Aksi berani mereka mengejutkan aparat. Namun aparat tidak  berbuat apa-apa karena jumlah mereka hanya puluhan sedangkan mahasiswa berjumlah ribuan.

    Tragedi Trisakti
    Copyright©YYouTube

    Mereka berhasil melakukan longmarch hingga 300 meter dari gerbang kampus. Disana mereka dihadang Komandan Kodim Jakarta Barat Letkol (Inf) A Amril. Setelah dilakukan negosiasi, akhirnya disepakati aksi hanya sampai di tempat itu.

    Hingga pukul 17.00 demo berlangsung tenang. Namun, suasana damai itu tak berlangsunglama, hingga akhirnya mahasiswa ditembaki oleh aparat. Sesuai kesepakatan aksi berakhir pukul 17.00 WIB, mahasiswa membubarkan diri dan masuk ke kampus dengan tertib.

    Baca Juga Berita Terkini: PDIP Sorot 7 Kasus Hukum Yang Sedang Mangkrak di Kejaksaan Agung !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here