Tarif Listrik Naik, Ini Alasan Kenapa Pemerintah Cabut Subsidi Listrik 900 Va!

0
2388
Tarif Listrik
Copyright©liputan 6

Tarif Listrik Naik, Ini Alasan Kenapa Pemerintah Cabut Subsidi Listrik 900 Va!

Indowarta.comTarif Listrik kian hari semakin mahal terutama untuk listrik golongan 900 VA. Penggunaan listrik dengan daya 900 VA tak bisa lagi dinikmati dengan subsidi dari pemerintah. Hal itu karena pemerintah meganggap jika pengguna dengan golongan sebesar itu sudah mampu menanggung konsumsi listrik.

Terkait hal ini Menteri Energi da Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan ikut angkat bicara. Dia mengatakan jika pemerintah nantinya secara bertahap akan melakukan pecabutan subsidi bagi konsumen listrik dengan daya 900 VA. Dengan hal tersebut pastinya akan membuat Tarif Listrik melonjak tajam.

Sebelumnya pihak PLN sendiri sekitar awal tahun 2017 lalu telah melakukan verifikasi data. Verifiaksi tersebut dilakukan dengan pelanggannya dan daftar milik tim nasional percepatan penagggulangan kemiskinan atau TNP2K. Hasil survei menunjukan jika sebagai besar pelanggan listrik 900 VA tidak terdaftar dalam  data TNP2K tersebut.

Tarif Listrik
Copyright©liputan6

Nampak saat itu diperoleh sekitar 18,7 juta dan 22,7 juta pelanggan listrik tak terdaftar. Maka dari itu PLN sendiri mengatakan jika hal tersebut membuat pelanggan tidak masuk dalam kategori pelanggan yang layak menerima subsidi listrik dari pemerintah.

Dengan hal tersebut membuat Tarif Listrik naik karena pemerintah sendiri mencabut subsidi untuk pengguna lsitrik dengan daya 900 VA. Adapun diketahui jika selama ini sekitar 46 juta rumah tangga pelangan listrik untuk daya 450 VA dan 900 VA menjadi penikmat subsidi dari pemerintah. Sedangkan dalam kriteria TNP2K menyebutkan sekitar 19 juta rumah tangga tergolong ke dalam kategori mampu.

Ignasius Jonan mengatakan berdasarkan hal itu membuat pemerintah mencabut subsidi listrik yang sebelumnya diberikan. ‘Kini untuk pengguna listri dengan daya 900 VA subsidinya dihapus oleh pemerintah. Pencabutan itu dilakukan karena mereka dianggap sudah  tidak wajib lagi disubsidi oleh pemerintah’ ujarnya saat berada di Bukit Tinggi, Sumatera Barat pada Jumat, 12 Mei 2017.

Dengan keputusa tersebut nantinya akan membuat Tarif Listrik menjadi naik karena tak mendapatkan subsidi oleh pemerintah. Kenaikan sendiri dimuali awal tahun lalu dan kenaikan tersebut bisa dua kali lipat dari tarif sebelumnya.

Jonan mengatakan jika hal ini menurutnya sangat menarik karena beberapa pelanggan pengguna daya 450 VA dan 900 VA berinisiatif mengirimkan surat ke pemerintah. Nampak justru sejumlah pelanggan meminta agar peemrintah mencabut subsidi yang masih diterima karena merasa mampu. Namun untuk warga yang benar-benar tak mampu akan merasakan dampaknya dan perlu menjadi perhatian pemerintah.

baca lain : Akan Disesuaikan, Tarif Listrik di Bulan Juni Akan Naik Lagi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here