Beginikah Penampakan Sosok Fuchsia, OS Baru Penerus Android?

0
874
OS
Copyright©Google

Beginikah Penampakan Sosok Fuchsia, OS Baru Penerus Android?

Indowarta.com – Kini Google dikabarkan tengah mengembangkan OS terbaru mereka yang bernama Fuchsia. Sistem operasi tersebut muncul pertama kali pada bulan Agustus tahun lalu, masih berupa command line.

Belakangan ini sistem operasi tersebut menampakkan dirinya dalam bentuk bocoran antarmuka sistem operasi (UI) yang berkodenama “Armadillo”. Homescreen dari sistem operasi terbaru ini menampilkan kartu-kartu yang dapat digulir secara vertikal.

Sedangkan di bagian layar tengah ada semacam tempat untuk foto profil pengguna, tanggal, nama kota, serta ikon baterai. Sedangkan di bagian atasnya terdapat kartu ‘stories’ yang berfungsi seperti ‘recent apps’ di Android.

Baca Juga Membuat Baterei Cepat Terkuras, Sebaiknya 5 Aplikasi Android Ini Perlu Kamu Uninstal Deh!

UI yang agaknya masih berupa prototipe ini juga mampu menampilkan interface split-screen dan tampilannya bisa diperbesar agar sesuai dengan layar tablet.

Fuchsia
Copyright©ArsTechnica

Berbeda dari yang terdahulunya, Android dan Chrome OS, Fuchsia tidak menggunakan kenel Linux, namun menggunakan microkernel baru yang diketahui bernama Magenta yang dikembangkan oleh Google.

Fuchsia sendiri berbasis kode open-source sehingga masih bebas di utak-atik. SDK yang digunakan merupakan Google Flutter yang dapat digunakan untuk menulis aplikasi Android dan iOS.

Baca Juga Berita Terkini: Google Rilis Android O Versi Pengembang, Ini Penampakannya!

Dokumentasi Google di rangkum dari ArsTechnica menyebutkan bahwa Magenta menyasar ponsel dan PC modern dengan prosesor yang memiliki kinerja tinggi.

Fuchsia
Copyright©ArsTechnica

Untuk saat ini masuh terlalu awal untuk memprediksi lebih jauh soal Fuchsia, OS terbaru tersebut mungkin masih membutuhkan waktu bertahun-tahun lagi sebelum siap dilepaskan. Itu pun jika memang benar akan dirilis.

Akan tetapi tetap ada kemungkinan OS terbaru ini akan menjadi penerus Android atau Chrome OS. Android sendiri juga bermula sebagai sistem operasi yang dikembangkan untuk kamera digital.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Setelah Android, Chrome OS, dan Chromecast, Google bakal meluncurkan satu lagi sistem operasi bertajuk “Fuchsia”. Kebar tersebut pertama kali terendus dari situs GitHub.

OS terbaru tersebut digadang-gadang bakal menjadi sistem operasi yang digunakan untuk mendukung Internet of Things alias loT. Sayangnya hingga saat ini Google masih enggan untuk berkomentas soal kehadiran Fuchsial dan fungsinya.

Namun jika benar untuk implementasi loT, sistem operasi tersebut telah memiliki dua pesaing yakni FreeRTOS dan ThreadX.

Baca Juga Inilah Berbagai Aplikasi Backup Data Untuk Android yang Musti Kamu Ketahui!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here