Begini Cara Menangkal Serangan Ransomware!

0
327
Ransomware
Copyright©zero hadge

Begini Cara Menangkal Serangan Ransomware!

Indowarta.com – Kali ini penyebaran Ransomware WannaCry dianggap berbahaya dan akan menimbilkukan kekhawatiran yang besar. Ransomware merupakan salah satu program yang bisa dikatakan program jahat yang bisa masuk secara diam-diam ke dalam komputer tanpa diketahui. Kemudian setelahnya program yang masuk kedalam komputer itu akan mengengkripsi seluruh data sehingga tidak dapat dibuka kembali.

Ransomware sendiri muncul beberapa waktu terakhir dan tak memandang siapapun korbannya. Seperti yang dialami oleh sejumlah rumah sakit di Indonesia yang mendapatkan serangan dari salah satu program jahat ini. Beberapa rumah sakit dibuat tak berdaya dan kesulitan dalam memeberikan pelayanan karena komputer diserang serta terkunci.

Bukan hanya di Indonesia ternyata kejadian serupa juga terjadi di Inggris beberapa waktu terakhir ini. Menurut informasi kini setidaknya ada 16 rumah sakit menjadi korban dari Ransomware WannCry. Nampak dalam kurun waktu tak kurang dari dua hari virus jahat ini telah menyebar ke penjuru dunia.

Ransomware
Copyright©hacker news

Rasomware telah menyebar ke 99 negara dan diketahui telah menginfeksi puluhan ribu bahkan ratusan ribu komputer. Seperti diketahui jika program jahat ini sangatlah berbahaya dan tak membutuhkan campur tangan pengguna untuk menginveksi komputer.

WannCry hanya membutuhkan koneksi jaringan untuk menyebar dan masuk kedalam komputer. Hal ini terjadi karena beberapa waktu lalu sekitar bulan April tool senjata cyber milik dinas intel Amerika Serikat dicuri dan dibocorkan oleh kelompok hacker bernama Shadow Broker. Mereka pembobol komputer akhirnya menggunakan tool tersebut untuk melancarkan aksinya.

Tool yang dicuri itu sendiri bernama ‘EnternalBlue’ dan akhirnya dimanfaatkan melalui celah keamanan di sistem operasi Windows lewat eksekusi remote code SMBv1. Setelahnya akan masuk kedalam komputer yang terhubung dengan jaringan LAN yang nantinya otomatis akan mencari sendiri komputer yang rentan untuk dibajak.

Kemudian kini muncul cara mengamankan komputer dari serangan Ransomware. Komputer dapat diamankan dengan mencabut LAN dan matikan Wi-Fi komputer untuk mencegah infeksi. Kemudian bisa dengan mengupdate Windows dengan memasang MS17-010. Pergantian Windows dengan OS baru disarankan karena OS lama tak dapat dukungan part security atau Microsoft.

Lalu ada lagi yakni dengan Menonaktifkan fungsi dari Marcos, Fungsi SMB v1 serta blokir port 139/445 dan 2389. Bisa juga dengan memperbarui software anti-virus dan anti-ransomware dan selalu membackup file penting di komputer dan disimpan ditempat lain.

baca juga : Heboh Prostitusi Berkedok Warung Makan, Sedia Menu ‘Ikan Cantik’ Pemuas Nafsu Lelaki!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY