Serangan Ransomware Bisa Jadi Masuknya Serangan Berikutnya!

0
576
Ilustrasi Ransomware
Copyright©Heimdal Security

Serangan Ransomware Bisa Jadi Masuknya Serangan Berikutnya!

Indowarta.com – Diketahui staf bidang teknologi di seluruh dunia kini tengah bekerja sepanjang waktu akhir pekan ini guna melindungi komputer serta menambal jaringan komputer yang bertujuan untuk menghalangi peretas komputer yang namanya tampak jadul seperti judul lagu pop “WannaCry”.

Hal itu dilakukan saat para analis memperingatkan serangan global Ransomware bisa jadi hanya awal dari gelombang baru seorang oleh kriminal komputer. AS hanya terkena dampak yang relative kecil dari Ransomware yang muncul di puluhan ribu komputer di seluruh Eropa hingga Asia, mulai Jumat (12/5).

Para keamanan komputer tetap waspada, untuk menekan ancaman yang akan terus ada. Berlawanan dengan pernyataan dari beberapa perusahaan keamanan di Eropa, seorang peneliti dari perusahaan Tripwire yang berada di Pantai Barat AS mengatakan Sabtu sore bahwa kemungkinan serangan akan berkurang.

Kode Ransomware yang dirilis pada Jumat kini tetap bebas tersedia di internet, para pakar mengatakan bahwa mereka yang berada di belakang serangan WannaCry yang meluncurkan serangan yang baru di hari-hari atau pekan-pekan mendatang.

Ransomware
Copyright©zero hadge

Serangan lain yang berasal dari penjahat lain yang juga memiliki ketrampilan teknologi yang tinggi, bukan tidak mungkin juga akan menirunya. Serangan Ransomware melanda sejumlah negara yang menginfeksi puluhan ribu jaringan komputer.

Satu dari beberapa senjata yang digunakan dalam serangan ini adalah piranti perangkat lunak yang dicuri dari Badan Keamanan Nasional AS dan kemudian diunggah oleh peretas bulan lalu. Piranti yang memungkinkan peretas untuk menginfiltrasi banyak sistem operasi komputer berbasis Microsoft tanpa terdeteksi, yang mereka perlukan menanamkan Ransomware.

Namun Microsoft sendiri telah menerbitkan tambalan guna memperbaiki kerentanan dari perangkat lunaknya berminggu-minggu yang lalu.

Efek ransomware WannaCry yang dapat melumpuhkan sistem komputer, dan salah satu dampak paling serius yang melanda negara-negara berkembang. Sebagian besar ransomware tersebar di seluruh dunia terjadi tanpa keterlibatan manusia.

Malware WannaCry dapat memperbanyak diri sendiri, menduplikasi dirinya sendiri ke seluruh komputer yang terhubung ke jaringan komputer secara otomatis.

Saat tuntutan pembayaran tebusan muncul di layar pengguna, dalam beberapa hari biasanya semua file di komputer tersebut sudah akan terenkripsi dan tidak dapat dibaca oleh para pemiliknya. Peretas mengatakan mereka akan memulihkan efek dari perangkat lunak tersebut begitu mereka menerima pembayaran sesuai yang mereka tuntut.

Baca Juga Begini Cara Menangkal Serangan Ransomware!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here