Kemkominfo Himbau Masyarakat Berinternet Secara Sehat Demi Mencegah Virus Penyebaran Ransomware Wanna Cry

0
465
Virus Ransomware Wanna Cry
Copyright©handout

Kemkominfo Himbau Masyarakat Berinternet Secara Sehat Demi Mencegah Virus Penyebaran Ransomware Wanna Cry

Indowarta.com – Virus Ransomware Wanna Cry kini tengah menyebar luas dan sangat membahayakan komputer yang berada di Indonesia bahkan dunia. Komputer sendiri dapat terinfeksi oleh ransomware karena pengamanannya yang kurang dan karena tidak sehatnya perilaku pengguna dalam menggunakannya.

Hal ini seperti dikatakan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Samuel Abrijani. Dia mengatakan jika Virus Ransomware Wanna Cry dapat menyelinap masuk kedalam komputer karena diakibatkan tidak sehatnya perilaku masyarakat dalam menggunkan dunia maya.

Samuel mengatakan jika banyak sekali pengguna yang tak hidup sehat dalam menggunakan dunia maya. Terlihat dari apa yang dilakukan pengguna yang acuh tak acuh untuk memeprbarui perangkat lunak terutama untuk pengamanan komputer sendiri.

Ransomware
Copyright©zero hadge

Dia melihat jika kini banyak sekalai masyarakat yang lalai untuk mengganti sandi akunnya di dunia maya demi keamanan. Maka wajar saja Virus Ransomware Wanna Cry ini dpat dengan mudah masuk kedalam komputer-komputer yang terindikasi lemah dalam pengamanan. Maka Kemkominfo mengatakan penggguna haruslah memperhatikan cyber security atau keamanan komputer.

‘Jadi kita jangan menganggap itu gaget karena itu merupakan bagian dari kita sendiri. Maka dari itu namanya internet itu harus diperhatikan cyber security didalamnya. Jika kamu perlaukan gaget sebagai dirimu sendiri pastinya kamu akan menjaga kesehatannya dengan memerhatikan security’ ujar Samuel saat ditemui di Jakarta Pusat, pada Minggu, 14 Mei 2017.

Samuel sendiri dengan ini menghimbau agar masyarakat menjaga hidup sehat dalam dunia maya. Dia juga menambahkan agar pengguna dunia maya tak asal membuka laman yang berisi hal-hal yang tidak jelas agar nantinya terhindar dari malware. Jika nantinya pengguna tak menjaga hidup sehat dipastikan e-mail yang dimiliki nantinya akan mudah diretas oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Maka dari itu untuk menghalangi Virus Ransomware Wanna Cry masuk kedalam komputer haruslah dengan selalu memback-up sistem. Hal ini terutama untuk instansi yang bergerak dalam sektor pelayanan untuk selalu memiliki back-up yang kuat.

Mengenai hal ini dikatakan oleh Dirjen Kemkominfo ini saat melakukan konferensi pers dalam menghadapi malware ransomware. Seperti diketaui jika Ransomware ini berawal dari Rumah Sakit Kanker Dharmis pada Sabtu 13 Mei 2017. Saat itu komputer terserang Virus Ransomware yang membuat proses pemasukan data pasien baru terganggu.

baca juga : Begini Cara Menangkal Serangan Ransomware!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY