Hikmah yang Bisa Diambil dari Penyebaran Virus Ransomware WannaCry

0
682
Virus Ransomware WannaCry
Copyright©avastsofware

Hikmah yang Bisa Diambil dari Penyebaran Virus Ransomware WannaCry

Indowarta.comVirus Ransomware WannaCry beberapa waktu terakhir mulai tersebar disegala penjuru dunia. Aksi penyerangan virus ini dilakukan oleh kelompok bernama Shadow Broker yang dengan sengaja menyebarkan ransomware jenis WannaCry yang membuat heboh dunia maya.

Sedangkan di Indonesia sendiri terkena wabah Virus Ransomware WannaCry ini pertama kali terjadi di sebuah rumah sakit. Lebih tepatnya menjangkit komputer milik RS Kanker Dharmais pada Juma’at 12 Mei 2017 akhir pekan lalu. Namun hingga kini belum diketahui dengan pasti siapakah pembawa program jahat ini ke tanah air.

Bukan itu saja untuk membuka kunci enkrepsi dari ransomware ini kini juga belum diketahui jelasnya. Belum ada yang mengetahui dengan jelasnya untuk membuka kunci pembuka atau dekripsinya guna membuka komputer yang terlanjut terserang virus ini.

Ilustrasi Ransomware
Copyright©Heimdal Security

Namun seperti diketahui jika virus WannaCry kini berhasil melumpuhkan sistem komputer milik RS Dharmais. Bahkan belakangan tersiar kabar jika virus ini juga tengah menyerang RS Harapan Kita. Akibat adanya ransomware ini membuat penanganan medis terhambat dan berimbas kepada pasien rumah sakit yang tengah menjalani pengobatan.

Virus Ransomware WannaCry sendiri merupakan salah satu virus berbahaya yang dapat menyerang komputer-komputer. Rasomware tak memandang siapapun korbannya dan setelah virus ini masuk kedalam komputer akan mengengkripsi seluruh data sehingga tidak dapat diakses kembali.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara juga angkat bicara terkait hal ini. Dia mengatakan jika Indoensia merupakan salah satu negara yang bisa dikatakan terkena dampak WannaCry cukup ringan. Diketahui jika di belahan dunia seperti Eropa WannaCry sudah mejangkit sektor lainnya seperti sektor transportasi dan telekomunikasi.

Virus Ransomware Wanna Cry
Copyright©handout

Rudiantara justru mengatakan dengan adanya virus ini warga Indonesia terutama sejumlah instansi dapat mengkoreksi diri dan megambil hikmah dari adanya WannaCry. Salah satu pelajaran yang bisa diambil yakni terkait dengan pengamanan komputer yang digunakan. Penggunaan komputer yang terkoneksi dengan internet semestinya bisa sadar karena virus berada dimana-mana.

Maka dari itu penting sekali untuk terus memperbarui sistem operasi maupun antivirus secara berkala. Pasalnya Virus Ransomware WannaCry diketahui dapat menyelinap masuk ke dalam sistem operasi Windows 8 ke bawah. Maka dari itu dengana rajin mengupdate windows dijamin komputer akan aman.

baca juga : Begini Cara Menangkal Serangan Ransomware!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here