Berita Terkini: Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadhan Mulai 27 Mei, Idul Fitri 25 Juni!

0
449
Awal Puasa Ramadhan
Copyright©news

Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadhan Mulai 27 Mei, Idul Fitri 25 Juni!

Indowarta.comBulan Ramadhan kini sudah dekat dan umat muslim sudah mempersiapkan segala keperluannya selama bulan puasa ini nanti. Sedangkan penetapan Awal Puasa Ramadhan nantinya akan dilakukan oleh pemrintah melalui Kementerian Agama.

Namun meskipun begitu seperti bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya Muhammadiyah selalu menetapkan sendiri terkait kapan jatuhnya Awal Puasa Ramadhan. Muhammadiyah kini juga sudah menetapkan kapan jatuhnya bulan puasa dan juga hari raya Idul Fitri. Penetapan tersebut dilakukan berdasarkan metode hitung hisab.

Hari Raya Idul Fitri 1438 H kini juga sudah ditetapkan kapan jatuhnya oleh Muhammadiyah. Hal itu dinyatakan melaui akun resmi muhammadiyah yang dikeluarkan dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor: 01/MLM/I.0/E/2017. Tertera didalamnya mengenai penetapan hasil Hisab Ramadhan, Syawal serta Dzulhijah 1438 H.

Awal Puasa Ramadhan
Copyright©tribunmedan

Menuru hasil perhitungan hisab ditunjukan jika Awal Puasa Ramadhan jatuh pada Sabtu, 27 Mei 2017. Sedangkan 1 Syawal atau Hari Raya idul Fitri jatuh pada Minggu, 25 Juni 2017. Penetapan ini dikeluarkan oleh Muhammadiyah secara resmi.

Diketahui jika Maklumat tersebut dikelauarkan oleh Muhammadiyah di Yogyakarta satu bulan lalu yakni tepatnya tanggal 1 Maret 2017. Terlihat jika Maklumat tersebut telah ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dan Sekertaris Umum Muhammadiyah, Abdul Mu’ti.

Terlihat menurut keterangan dam surat tersebut menunjukan jika Ijtimak jelang Ramdhan terjadi pada hari Jumat Legi, 26 Mei 2017 sekitar pukul 02.46.12 WIB. Sementara tinggi bulan saat terbenam matahari di Yogyakarta mejadi bahan perhitungan hisab. Kemudian 1 Ramadhan jatuh pada hari Sabtu, 27 Mei 2017.

Sedangkan untuk ijtimak Syawal 1938 H jatuh pada hari Sabtu kliwon, 24 Juni 2017 pukul 09.33.12 WIB. Untuk tinggi bulan pada saat terbenam matahari juga dilihat di Yogyakarta. Maka dari itu 1 Syawal akan jatuh pada Ahad legi, 25 Juni 2017.

Sedangkan awal ijtimak jelang Zulhijah 1438 H jatuh pada hari Selasa wage 27 Agustus 2017. Hal ini juga dilihat dari tinggi bulan setelah terbenam matahari di Yogyakarta. Maka dari itu 1 Zulhijah jatuh pada hari Rabu kliwon, 23 Agustus 2017.

Awal Puasa Ramadhan ini ditentukan oleh Muhammadiyah terlebih dahulu sebelum pemerintah setiap tahunnya. Sedangkan pemrintah melalui Kementerian Agama sendiri belum menentukan kapan jatuhnya 1 Ramdhan dan 1 Syawal. Biasanya pemerintah menentukannya mendekati bulan Ramadhan dan dengan perhitungan yang sama yakni dengan hisab.

baca juga : Kiat-kiat yang Bisa Dilakukan Sebelum Lakukan Ibadah Puasa Ramadhan, Agar Tak Kaget!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY