Berita Terkini: 9 Tips Manjur dari Kominfo Sial Virus Wannacrypt!

0
460
Kominfo
Copyright©regmedia

Berita Terkini: 9 Tips Manjur dari Kominfo Sial Virus Wannacrypt!

Indowarta.com– Serangan ransomware dengan nama WannaCry ini memang sedang hangat diperbincangkan oleh publik. Potensi daya rusaknya yang sangat luar biasa ini pun telah membuat perusahaan-perusahaan besar hingga para pakar teknologi ini pun merasa khawatir.

baca juga : Serangan Ransomware Bisa Jadi Masuknya Serangan Berikutnya!

Bagiamana tidak, virus yang bernama Wannacrypt ini akan menyusup ke dalam komputer ataupun server sebuah perusahaan dan juga akan bisa menyandera data-data yang ada di dalam komputer tersebut. Mereka hanya mau mengembalikan lagi data yang telah disandera tersebut jika pemiliknya ini akan menyerahkan beberapa uang tebusan.

Namun untuk para pekerja yang memang sudah biasa berkerja di depan komputer dan juga menggunakan internet ini tidak perlu merasa risau ataupun setidaknya cukup berhati-hati saja. Dikutp di dalam laman Facebook Noor Iza yang juga merupakan Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo telah memposting beberapa langkah pencegahan agar kita terhindar dari serangan malwar ransomware Wannacrypt tersebut.

baca juga : Kemkominfo Himbau Masyarakat Berinternet Secara Sehat Demi Mencegah Virus Penyebaran Ransomware Wanna Cry

Salah satu tips yang diberikan adalah dengan cara tidak langsung menyambungkan wifi atau internet pada saat pertama kali anda menyalakan komputer. Tips yang lainnya adalah melakukan back up data penting ke dalam sistem operasi non Windows seperti PC yang berbasis Linux ataupun Mac. Anda juga harus memastikan bahwa data-data penting yang ada di dalam komputer ini sudah di back up.

Kominfo
Copyright©macg

Anda ataupun perusahaan anda ini juga bisa melakukan konsultasi mengenai virus ini dengan menghubungi Dirjen Aptika yaitu Bapak Aries di nomor 08129878771, kemudian dengan Didien dari ID-SIRTII di nomor 081119936071, dna juga dengan Noor Iza sendiri di nomor 08119781518. Anda juga bisa melakukan konsultasi online melaluyi email di alamat [email protected] @ariefburhan.

Serangan virus wannacrypt ini memang benar-benar merupakan penyakit baru di dalam dunia siber. Penangkal dari virus ini masih belum berhasil ditemukan bak penyakit AIDS yang belum ada obatnya.  Korban dari virus ini adalah para pengguna komputer dengan sistem operasi Windows Usang khususnya versi tahun 2010 kebawah.

baca juga : 

Hikmah yang Bisa Diambil dari Penyebaran Virus Ransomware WannaCry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here