Bukan Hanya Gigi Berlubang, Gigi Sensitif Pun Juga perlu Ditambal lho!

0
225
gigi senitif
Copyrigth©Caradunia

Bukan Hanya Gigi Berlubang, Gigi Sensitif Pun Juga perlu Ditambal lho!

Indowarta.com – Dalam beberapa video komersil sering mengatakan bahwa cara mengatasi gigi sensitif salah satunya dengan menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Hal itu tidak sepenuhnya salah, namun pada beberapa kasus gigi sensitif, solusi tersebut tidak cukup membantu.

Menurut keterangan yang diberikan oleh dokter gigi Melisa yang biasa praktik di Bogor Dental Center, mengatasi gigi yang sensitif dengan menggunakan pasta gigi khusus hanya bisa jika lapisan pada gigi yang terkikis itu tidak kasat mata.

Untuk diketahui, penyebab utama dari gigi yang sensitif adalah terkikisnya lapisan luar gigi atau email yang salah satunya disebabkan kebiasaan menyikat gigi terlalu kencang.

Baca Juga Waktu yang Tepat Untuk Makan Cokelat, Agar Tak Menyebabkan Gigi Berlubang!

Untuk kasus gigi sensitif yang parah, tindakan yang dpaat dilakukan yakni dengan menambal gigi. Hal itu perlu dilakukan lantaran lapisan gigi yang sudah terkikis tidak dapat dikembalikan secara alami, bahkan jika sudah terlihat kikisannya, pasta gigi khusus pun tidak akan membantu.

cara mengatasi gigi ngilu 1
Copyrigth©Dr. OZ Indonesia

Penambalan gigi yang dilakukan tersebut bertujuan untuk menutup dentin atau bagian dalam gigi agar lapisan gigi yang tersisa tidak semakin terkikis nantinya. Namun mengingat proses penambalan gigi yang dibutuhkan berbeda dengan penambalan gigi berlubang atau patah, maka ini hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi yang professional.

“Harus segera periksa ke dokter gigi jika mulai terlalu sering mengeluh gigi ngilu setiap kali minum dingin atau makan asam dan manis. Barulah nanti diputuskan tindakan yang tepat,” saran dokter gigi Melisa.

Baca Juga Kepingin Punya Gigi Putih Sekaligus Kuat, Konsumsi Berbagai Makanan Ini jadi Solusinya!

Tak hanya itu, terkadang rasa ngilu pada gigi juga dapat disebabkan karena cara menyikat gigi yang salah lho. Kerusakan gigi tak hanya disebabkan karena kebiasaan malas menyikat gigi. Bahkan mereka yang rajin menyikat gigi pun tak lepas dari risiko kerusakan gigi.

Penyebabnya yakni karena cara menyikat gigi yang dilakukan salah. Kebanyakan orang percaya dengan menyikat gigi dengan kuat dapat membersihkan gigi dari sisa makanan. Namun hal itu justru salah, pasalnya risiko kerusakan pada gigi yang lainnya justru akan muncul.

Jika dentin terekspos, maka akan menyebabkan timbunya rasa ngilu saat minum dingin atau makan makanan yang manis dan asam. Itulah yang dinamakan gigi sensitif.

Baca Juga Cara Menghilangkan Sakit Gigi yang Tak Kunjung Sembuh Secara Alami!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY