Berita Terkini: Lion Air dan BPJS Ketenagakerjaan Pastikan Aman dari Serangan Ransomware Wannacry!

0
248
BPJS Ketenagakerjaan

Lion Air dan BPJS Ketenagakerjaan Pastikan Aman dari Serangan Ransomware Wannacry!

Indowarta.com – Beberapa waktu terakhir ini muncul serangan virus jahat yang menyerang komputer-komputer yakni Ransomware jenis WannaCry. Namun terkait dengan serangan virus rasomware ini BPJS Ketenagakerjaan mengaku aman dan terhindar dari serangan yang satu ini. Bukan haya BPJS namun juga makapai penerbangan Lion Air mengatakan hal serupa.

Maskapai Lion Air memastikan jika layanan internetnya masih aman dan berjalan normal hingga saat ini. pihak Lion Air menuturkan jika layanan maskapai tidak terganggu setelah beredar virus ransomware WannaCry yang menyerang sejumlah layanan di indoensia.

Lion Air
Copyright©kompas

Hal ini dikatakan oleh Manajer Humas Lion Air Andy M Saldin kepada tim media pada Senin, 15 Mei 2017. ‘Alhamdulillah hingga kini maskapai kami aman dan masih normal-normal saja. Semoga aman terus hingga kedepannya’ ujarnya.

Andy menuturkan setelah tersebar isu mengnai virus ransomware tersebut pihanya langsung mengambil tindakan. Lion Air telah mengantisipasi sebelumnya terkait dengan serangan virus ini dengan teknis IT yang berada di maskapai penerbangannya.

Sementara itu BPJS Ketenagakerjaan juga menyatakan serupa yakni tak mendapat serangan dari virus ransomware WannaCary. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan ini menjelaskan jika layanannya kini masih terbilang aman.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Divisi Komunikasi BPJS Mohammad Arfan saat dimintai keterangan oleh wartawan. Dia mengatakan hingga kini layanan masih aman terkendali dan tak ada serangan virus yang tengah mengehebohkan dunia tersebut.

BPJS Ketenagakerjaan
Copyrigth©okezone

Seperti diketahui jika virus ransomware sendiri merupakan salah satu virus yang meyerang komputer tanpa diketahui oleh penggunanya. Sedangkan untuk mencegah penyerangan ini juga telah diberikan cara oleh Kementerian Komunikasi dan Informastika (Kemenkominfo).

Kemenkominfo memeberikan langkah-langkah untuk mencegah WannaCry agar tak masuk dalam komputer. Hal tersebut diantaranya dengan mematikan Wifi atau mencabut koneksi kabel LAN yang berada di kantor. Kemudian backup data lewat sistem operasi non-windows untuk mencegah virus ini masuk.

Sementara itu BPJS Ketenagakerjaan dan juga Lion Air sendiri merupakan salah satu layanan yang juga bisa saja terkena virus ransomware ini. Ransomware masuk ke Indonesia pada Jumat, 12 Mei 2017 lalu dengan menyerang sebuah layanan Rumah Sakit (RS) Kanker Dharmais.

baca juga : Begini Cara Menangkal Serangan Ransomware!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY