Tata Aturan Peserta SBMPTN yang Musti Kamu Ketahui!

    0
    308
    SBMPTN
    Copyright©Tribunnews

    Tata Aturan Peserta SBMPTN yang Musti Kamu Ketahui!

    Indowarta.com – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dilaksanakan secara serentak pada hari ini. diketahui seleksi tertulis ini terbagi menjadi dua kategori, yakni Computer Based Test (CBT) dan Paper Based Test (PBT).

    Seperti yang telah diketahui, jika setelah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), pendaftaran SBMPTN sudah dimulai sejak 11 April hingga 5 Mei 2017 lalu. Dilansir dari laman resmi sbmptn.ac.id, Selasa (16/5/2017), ada beberapa tata tertib yang harus dipatuhi oleh peserta CBT maupun PBT.

    Pertama yakni peserta SBMPTN diwajibkan untuk mengetahui ruang dan tempat tes sehari menjelang ujian. Peserta juga diwajibkan untuk membawa kartu tanda peserta, kartu identitas, dan ijasah SMA, serta membawa alat tulis khususnya pada peserta PBT.

    Selanjutnya, para peserta diwajibkan hadir 30 menit sebelum ujian itu dimulai, sedangkan untuk peserta CBT diperbolehkan masukke ruangan 15 menit sebelum ujian tersebut dimulai. Seluruh peserta dilarang membawa daftar logaritma, jenis kalkulator, kertas, buku, catatan, alat elektronik, dan jam tangan ke dalam ruang ujian.

    SBMPTN
    Copyrigth©Kompas

    Selama ujian tersebut berlangsung, para peserta ujian CBT yang melakukan ujian berbasis komputer harus melakukan pengecekan identitas yang tampil pada layar monitor. Ada beberapa hal yang dilarang selama ujian berlangsung.

    Diantaranya yakni bertanya jawaban pada teman, bekerja sama, memberi maupun menerima jawaban, sertadilarang keluar ruang ujian tanpa seizin dari pengawas.

    Berikut ini hal yang harus dilakukan peserta SBMPTN 2017 usai mengerjakan ujian tertulis.

    Untuk peserta PBT, pertama peserta harus melakukan pengecekan nama, nomor peserta, dan tanggal lahir pada LJU, sudah diisi dan dihitami dengan benar serta sidah di tandatangani.

    Kedua, peserta tidak boleh meneruskan pekerjaan serta tetap duduk di tempat pada saat bel tanda waktu ujian telah berakhir berbunyi. ketiga, peserta baru boleh meninggalkan ruangan ujian setelah diberi tanda oleh pengawas ujian.

    Sedangkan untuk peserta CBT yakni memastikan kembali identitas dan jawaban yang telah mereka isiskan sebelum ‘klik’ tombol selesai ujian. Peserta CBT yang telah selesai mengerjakan soal ujian sebelum waktu dan ujian selesai, tidak boleh meninggalkan ruangan, peserta meninggalkan ruangan pada waktu yang bersamaan mengikuti intruksi dari pengawas.

    Bagi peserta SBMPTN yang melakukan pelanggaran terhadap tata tertib ujian masuk, akan mengakibatkan peserta ujian tidak diikutsertakan dalam proses seleksi mahasiswa baru.

    Baca Juga Usai SNMPTN, Kini Giliran SBMPTN yang Akan Jaring 128.244 Mahasiswa!

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY