Berita Hari Ini : Gempa Jepang Kembali Terjadi, Peringatan Tsunami Mulai Dirilis, Puluhan Korban Masih Dievakuasi !

0
1927
Gempa Jepang

Berita Hari Ini : Gempa Jepang Kembali Terjadi, Peringatan Tsunami Mulai Dirilis, Puluhan Korban Masih Dievakuasi !

indowarta.com– Sebuah gempa bumi besar kedua telah melanda Jepang bagian selatan berselang sekitar 24 jam setelah terjadi gempa bumi kuat pertama yang menewaskan sembilan orang. Namun kali ini, Jepang telah mengeluarkan peringatan akan potensi tsunami.

Dalam pengumuman itu, tsunami mungkin akan muncul setinggi satu meter di sepanjang pantai Prefektur Kumamoto di Kyushu Island. Gempa Jepang ini terjadi sekitar pukul 01.25 waktu setempat pada hari Sabtu 16 April 2016.

Gempa besar kedua ini tercatat berkekuatan 7,4 skala ricther dan berpusat di dekat Kota Kumamoto. Menurut Suvei Geologi Amerika Serikat (USGS) pusat gempa berada pada kedalaman 40 kilometer.

Gempa Jepang

Gempa Jepang kedua ini lebih besar dari gempa pertama yang terjadi kemarin dengan kekuatan 6,5 skala ricther. Walaupun terbilang lebih kuat, gempa Jepang kedua ini masih belum diterima adanya korban jiwa yang berjatuhan.

Yang perlu dikhawatirkan lagi oleh rakyat Jepang adalah bendungan di dekat lokasi gempat terjadi runtuh dan akan memaksa evakuasi penduduk dalam jumlah lebih besar lagi. selain itu, dikhawatirnkan apabila bendungan runtuh akan bermunculan lagi korban jiwa.

Ratusan pasien yang berada di Kumamoto dievakuasi karena dikhawatirkan bangunan rumah sakit tidak kuat dan roboh. Banyak laporan yang diterima mengenai oran-orang yang terperangkap di dalam bangunan termasuk disitu 70 pria dan wanita usia lanjut usia di panti jompo.  Hingga kini masih belum ada laporan mengenai kerusakan dalam gempa Jepang kedua ini.

Sebelumnya pada gempa Jepang pertama, selain adanya korban jiwa sebanyak Sembilan orang, ada sekitar 860 orang terluka. Tidak hanya itu, banyak juga bangunan yang hancur dan diikuti oleh 130 gempa susulan.

Selain itu, diyakini juga ada puluhan orang masih tertimbun oleh reruntuhan bangunan atau gedung di wilayah Pregfektur Kumamoto, Pulau Kyushu, Jepang Selatan. Namun, peringatan dari pemerintah tentang adanya potensi Tsunamai teah dicabut. Walaupun begitu, dihimbau untuk warga sekitar pantai agar tetap waspada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here