Apa Itu Mekanisme Antykythera? Simak Penjelasannya Berikut Ini!

0
307
Mekanisme Antykythera
Copyright©tribunjambi

Apa Itu Mekanisme Antykythera? Simak Penjelasannya Berikut Ini!

Indowarta.com – Hari ini Rabu, 17 Mei 2017 pada halaman utama Google Doodle dihiasi dengan gambar yang nampaknya asing bagi kebanyakan orang. Namun asal diketahui jika gambar tersebut terpasang pada halam untama sebagai peringatan Hari jadi ke 115 penemunan Mekanisme Antykythera.

Mungkin banyak yang belum mengetahui dan bertanya-tanya apa itu Mekanisme Antykythera? Dan kenapa Google Doodle memasang gambar tersebut di halaman utamanya?

Mekanisme Antykythera
Copyright©kompastekno

Mekanisme Antykythera merupakan salah satu benda peninggalan sejarah atau bisa disebut sebagai artefak. Benda tersebut berupa peranti perunggu yang ditemukan di sebuah bangkai kapal yang karam sekitar tahun 1901 di Pulau Antyiythera, Yunani.

WAJIB BACA :  Asima Chatterjee, Sosok yang Muncul di Google Doodle Hari Ini, Siapakah Gerangan?

Saat itu seorang penyelam tak sengaja menemukan harta karun pada kapal dagang yang diduga milik bangsa Romawi Kuno. Harta karun yang ditemukan bukanlah emas atupun berlian melainkan barang-barang pada zaman itu mulai dari patung-patung marmer dan perunggu, serta koin-koin perak dari Pergamus.

Kemudian setelah penemuan itu arkeolog Valerios Stais memeriksa kembali temuan itu pada tanggal 17 Mei 1902. Saat memeriksa temua tersebut arkeolog itu melihat bahwa ada salah satu potongan batu memiliki roda gigi yang tertanam didalamnya. Sebelumnya Valerios Stis menganggap jika benda tersebut merupakan jam astronomi.

Namun banyak ilmuan sendiri menganggap jika benda tersebut sebagai proaktif karena terlalu rumit untuk dibangun pada periode yang sama. Sedangkan peneliti memeperkirakan jika bahwa kapal tersebut saat itu kemungkinan akan menuju ke Roma dan tenggelam sekitar tahun 85 dan 60 SM.

WAJIB BACA :  Asima Chatterjee, Sosok yang Muncul di Google Doodle Hari Ini, Siapakah Gerangan?
Mekanisme Antykythera
Copyright©tribunjambi

Sedangkan untuk memperingati peristiwa penemuan tersebut maka disebut dengan dalam Mekanisme Antykythera. Pasalnya saat itu ditemukan benda yang mirip dengan roda gigi yang dianggap sulit dan terlalu rumit untuk dibuat pada zaman itu.

Sedangkan artefak yang jumlahnya banyak tersebut diamankan di Museum Arkeologi Nasional Athena , Yunani. Sementara itu dikatakan oleh seorang fisikiawan Derek de Solla Price pada tahun 1958 mengatakan jika piranti tersebut dapat menentukan waktu terjadinya peristiwa astronomis di masa lalu ataupun di masa depan.

Sedangkan riset sediri menunjukan jika Mekanisme Antykythera menunjukan adanya nama-nama bulan pada piringan yang diduga dapat memprediksi gerhana. Nama-nama tersebut berasal dari Korintus sehinggga banyak peneliti yang menyimpulkan jika benda tersebut digunakan oleh mayarakat dari latar kebudayaan tertentu.

baca juga : Hikmah yang Bisa Diambil dari Penyebaran Virus Ransomware WannaCry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here