Berita Terkini: Kejaksaan Agung resmi Ajukan Banding Atas Vonis Ahok dengan Alasan Ini!

0
1298
Copyright©Search

Berita Terkini: Kejaksaan Agung resmi Ajukan Banding Atas Vonis Ahok dengan Alasan Ini!

Indowarta.com – Pihak Kejaksaan Agung (Kejagung) telah resmi mengajukan banding atas vonis yang diberikan kepada Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Banding tersebut diajukan pada hari Senin (15/5) kemarin.

Hal tersebut pun dibenarkan oleh Noor Rachmad yang merupakan Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Kejaksaan Agung. “Sudah kemarin hari Senin,” ucapnya ketika ditemui di Jakarta, pada Selasa (16/5).

Noor menerangkan ada sejumlah hal yang menjadi alasan mengapa Kejaksaan  Agung turut mebngajukan banding terhadap vonis yang dijatuhkan kepada Ahok ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Padahal, vonis tersebut jelas telah lebih berat dari tuntutan pihak jaksa penuntut yang hanya menuntut Gubernur DKI Jakarta tersebut satu tahun penjara dengan dua tahun masa percobaan.

Sidang Ahok
Copyright©Tribunnews

Berdasarkan keterangan dari Noor, alasan pertama memang merupakan Standar Operasional Prosedur (SOP). Yang artinya pihak Kejaksaan Agung harus mengajukan banding apabila terdakwa mengajukan banding ke Pengadilan.

“Alasan pertama SOP Kejaksaan, ini kan sudah dijelaskan Jaksa Agung waktu itu” terang Noor.

Selanjutnya,  poin lain dari Korps Adhyaksa tersebut mengajukan banding terhadap vonis Ahok adalah untuk mempertahankan hak kasasi Kejaksaan apabila terdakwa melakukan perlawanan hukum hingga ke tingkat kasasi di Mahkamah Agung (MA).

Noor juga menambahkan, apabila kasus tersebut sampai ke pihak Mahkamah Agung, Kejaksaan pun mempunyai hak yang sama dengan terdakwa untuk mengajukan kasasi. “Artinya gini untuk mempertahankan hak kasasi Kejaksaan kalau pada akhirnya terdakwa kasasi sampai ke MA, Kejagung tidak kehilangan hak kasasi,” pungkasnya.

Ahok sendiri divonis hukuman penjara selama kurun waktu 2 tahun atas kasus penistaan agama yang menyeret namanya tersebut. Massa pendukung Ahok yang tidak terima pun melakukan beberapa cara untuk meringankan hukuman yang diberikan, seperti melakukan orasi dan juga mengumpulkan foto copy ktp.

BACA JUGA Berita Terkini: Tak Terima dengan Vonis Ahok, Peretas Ini Hack Situs Pengadilan Negeri!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here