Berita Terkini: Menkominfo Tegaskan Indonesia Sudah Aman dari Virus Ransomeware WannaCry!

0
838
Ransomeware WannaCry
Copyright©beritaharian

Menkominfo Tegaskan Indonesia Sudah Aman dari Virus Ransomeware WannaCry!

Indowarta.com – Beberapa hari kemarin publik dihebohkan dengan serangan virus berbahaya yakni Ransomeware WannaCry. Virus ini dinilai berbahaya karena dapat menyelinap masuk ke komputer-komputer tanpa dikeitahui oleh penggunanya. Namun virus yang menghebohkan dunia kini telah berangsur-angsur menurun.

Serangan dari Ransomeware WannaCry menurun setalah dilaporkan korban tak lagi bertambah. Menteri Komunikasi Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiatara mengatakan jika Indonesia kini dapat dikatakan aman dari serangan malware tersebut.

Rudiantara menyampaikan hal ini saat ditemui setelah cara penandatangan nota kesepahaman antara joint venture Indosat dan PT Pasifik Satelit Nusantara di Jakarta. Dia mengatakan saat itu jika kini Indonesia aman dari WannaCry dan hanya tersisa satu hingga dua virus saja di tanah air.

Ransomware
Copyright©hacker news

Dapat dikatakan jika saat ini Indoensia sudah aman dari virus ransomware. Ini didapat dari data situs MalwareTech, IP yang terindikasi yang terjangkit hanya satu atau dua saja’ ujar Rudiantara pada rabu, 17 Mei 2017.

Sebelumnya Menkoinfo juga menyatakan jika Indoensia salah satu negra yang terkena serangan Ransomeware WannaCry. Namun Indonesia tak termasuk negara yang mendapat serangan parah dari virus berbahaya ini jika dibandingkan dengan negara-negara dunia lainnya.

Seperti diketahui jika negara-negara lain juga mengalami serangan virus WnnaCry ini dan membuat ribuan layanan harus tergangu. Virus ini sudah menyerang ribuan negara didunia dan bahkan sudah melumpuhkan layanan transportasi serta layanan rumah sakit.

Begitu pula di Indoensia WannaCry ini diketahui menyerang layanan rumah sakit, perkebunan, manufaktur, samsat di daerah Sulawesi dan perbankan di tingkat daerah. Awal mulanya muncul virus ransomware ini sendiri belum diketahui dengan jelas. Namun diketahui virus ini mulai menghebohkan dunia pada Sabtu, 13 Mei 2017 lalu dan menyerang kurang lebih sekitar 99 negara didunia.

Ransomeware WannaCry sendiri merupakan salah satu virus berbahaya yang dapat menyelinap masuk kedalam komputer-komputer tanpa diketahui penggunnya. Setelah masuk virus ini akan mulai bekerja dan dapat melumpuhkan kerja komputer itu sendiri. Sejumlah pihak menyatakan jika serangan ini bersifat menyebar dan masif serta menyerang suatu layanan penting. Maka dari itu banyak orang menyebutnya dengan aksi teror siber.

baca juga : Berita Terkini: Teror Virus Ransomware WannaCry Adalah Ulah kelompok Hacker Korea Utara?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here