Berita Terkini: Pemerintah perlu Bentuk Tim Independen untuk Tangani Kasus Novel Baswedan?

0
603
Novel Baswedan
Copyright©Merdeka

Berita Terkini: Pemerintah perlu Bentuk Tim Independen untuk Tangani Kasus Novel Baswedan?

Indowarta.com– Koalisi Masyarakat Pedulli Komisi Pemberantas Korupsi ini akan mengajuan permintaan secara resmi kepada Presiden Joko Widodo. Mereka akan meminta untuk segera membentuk tim pencari fakta independen kasus penyerangan terhadap penyidik senior KPK yakni Novel Baswedan. Koalisi ini telah menilai bahwa kasus yang dialami oleh Novel Baswedan ini harus diusut tim independen yang tidak berada di bawah komando lembaga penegak hukum.

baca juga : Kasus Novel Baswedan Sudah Masuk Hari Ke-34, Pemerintah Tutup Mata?

Usman Hamid yang merupakan anggota koalisi tersebut telah menunjuk contoh tim pencari fakta kasus pembunuhan aktivis Munir Thalib. Dalam hal ini polisi bisa menjadi ketua di dalam tim, tapi tidak terikat dengan komando kepolisian. Usman pada saat dihubungi pada hari Selasa 16 Mei 2017 ini telah mengatakan “Tim dibentuk presiden dan bekerja langsung di bawah presiden”.

Ide untuk pembentukan tim independent ini pun telah muncul karena hingga hari ke 35 ini penyelidikan oleh Kepolisian Daerah Metro Jaya ini masih belum menemui titik terang yang signifikan. Selain itu polisi juga masih belum bisa mengungkap identitas dari dua orang yang telah melakukan penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan yang terjadi pada 11 April 2017 yang lalu.

Novel Baswedan
Copyright©tstatic

Sebelumnya polisi sendiri sempat menangkap dan memeriksa empat nama yang diduga terlibat. Namun empat orang tersebut telah dibebaskan dengan dalih takut tidak akan menemukan bukti.

baca juga : Genap Sebulan, Kasus Teror Novel Baswedan Masih Jadi Misteri!

Menurut Usman Hamid, alasan polisi janggal karena tindak pidana yang dialami oleh Novel Baswedan ini tidaklah terlalu rumit. Menurut Usman, polisi bisa menangani kasus seperti itu dan juga polisi telah berpengalaman. Direktur Amnesty International Indonesia ini mengatakan “Kelihatannya memang tidak ada kemauan”.

Sementara itu kakak kandung Novel Baswedan yakni Taufik Baswedan sendiri telah mengaku bahwa dirinya setuju dengan pembentukan tim independent tersebut. Taufik Baswedan mengatakan bahwa pihak keluarga sendiri telah merasa kecewa karena hingga kini penyelidikan belum membuahkan hasil yang signifikan. Pihaknya ingin agar kasus ini bisa segera terungkap.

baca juga : 

Berita Terkini: Mata Novel Baswedan Akan Dioperasi Pekan Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here