Berita Hari Ini : Korban Gempa Ekuador Terus Bertambah Jadi 262 Orang !

0
1021
gempa Ekuador

Berita Hari Ini : Korban Gempa Ekuador Terus Bertambah Jadi 262 Orang !

indowarta.com– Korban gempa Ekuador yang berkekuatan 7,8 skala richter pada hari Sabtu kemarin masih terus bertambah. Hingga Minggu malam 17 April 2016 jumlah korban tewas kini menjadi 262 orang. Sementara itu sekitar 2.500 lainnya terluka.

Dikarenakan dampak gempa Ekuador yang sangat besar, Presiden Ekuador, Rafael Correa segera pulang dari lawatannya ke Italia. Prioritas utama saat ini adalah menyelamatkan orang-orang yang tertimpa reruntuhan bangunan agar korban jiwa tidak bertambah lebih banyak lagi.

Rafael Correa melalui radio milik pemerintah menyebutkan bahwa gedung-gedung masih bisa dibangung kembali, namun tidak demikian dengan nyawa seseorang. Nyawa tidak bisa dikembalikan lagi dan itu sangatlah menyakitkan.

Getaran yang paling hebat dapat dirasakan di wilayah barat laut pesisir, termasuk sebuah tempat wisata yang terkenal bagi turis dan dilengkapi dengan pantai dan pohon-pohon palem di dekat Cojimies yaitu Pedernales. Guncangan sangat hebat dan segera diikuti robohnya bangunan yang memerangkap banyak orang.

gempa Ekuador

Bisa didengar banyak orang yang berteriak dari reruntuhan. Salah satu warga, Agustin Robles saat mengantre air bersama 40 orang lain disebuah stadion Pedernales menyebutkan bahwa terdapat apotek dimana banyak orang yang terjebak. Warga yang lainnya pun tidak bisa melakukan apa-apa.

Otoritas setempat mengatakan bahwa ada lebih dari 160 gempa susulan. Gempa susulan ini terjadi terutama di wilayah Pedernales. Ada sekitar 91 korban jiwa yang berjatuhan di Pedernales. Menurut pihak kepolisian, sekitar 60 persen rumah hancur.

Sementar itu Kementerian Luar Negeri memastikan seluruh Warga Negara Indonesia yang berada di Ekuador selamat dari bencana gempa Ekuador tersebut. Berita tesebut disampaikan Kedutaan Besar Republilk Indonesia (KBRI) di Quito melalui keterangan resmi Direktur Jendera Perlindungan WNI dan Badan hukum Indonesia.

Berdasarkan darta dari KBRI Quito jumlah WNI yang berada di Ekuador berjumlah sekitar 45 orang. Sebagian bersar dari mereka tinggal di daerah pegunungan. Terdapat dua orang WNI yang berprofesi sebagai pelaut dan mereka tinggal di daerah Manta yang merupakan lokasi dekat terjadinya gempa Ekuador.

baca juga :

Berita Hari Ini : Gempa Jepang Kembali Terjadi, Peringatan Tsunami Mulai Dirilis, Puluhan Korban Masih Dievakuasi !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here