Minum Teh Saat Sahur, Akan Membuat Kita Cepat Kehausan?

0
230
Teh
Copyright©tribunnews

Minum Teh Saat Sahur, Akan Membuat Kita Cepat Kehausan?

Indowarta.com– Pada saat bulan Ramadhan, banyak dari kita yang telah meminum teh pada saat sahur dengan maksud agar badan menjadi lebih segar lagi di dalam menjalankan puasa. Namun ternyata meminum teh pada saat sahur ini akan bisa membuat rasa haus lebih cepat datang.

baca juga : Kiat-kiat yang Bisa Dilakukan Sebelum Lakukan Ibadah Puasa Ramadhan, Agar Tak Kaget!

Hal ini telah dipaparkan oleh dr. Marya Haryono, M.Gizi, SpGK, dokter spesialis Gizi dan Nutrisi pada saat ditemui setelah acara mini talkshow “Health and Art in a Cup of Tea” by teh 63 yang digelar di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara pada hari Minggu 14 Mei 2017.

Dr. Maya mengatakan “Karena teh ini mempunyai efek diuretik. Diuretik adalah mengeluarkan cairan berlebihan dan cepat dari tubuh. Kalau cairan kita hilang secara cepat dari tubuh dan banyak hilangnya, ini akan menimbulkan rasa haus yang cepat”. Dr. Maya memberikan anjuran agar mengkonsumsi dengan batas wajar jika memang minum teh pada saat sahur agar mendapatkan manfaatnya dan juga membuat kita tidak cepat merasa kehausan.

Teh
Copyright©tribunnews

Pada bulan Ramadhan, tentu saja badan kita akan perlu beradaptasi terlebih dulu untuk membiasakan berpuasa hingga satu bulan lamanya. Tidak ada salahnya juga kita memakai beberapa tips ini pada saat bulan Ramadhan berlangsung :

  1. Atur waktu makan pada saat sahur yakni di akhir waktu. Tidak hanya menunjang puasa saja, namun hal ini jugalah merupakan Sunnah Rosul.
  2. Makan dengan porsi normal saja, jangan berlebihan. Fokus konsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan juga protein serta buah dan sayuran.

baca juga : Waktu yang Tepat Untuk Makan Cokelat, Agar Tak Menyebabkan Gigi Berlubang!

  1. Makan makananyang banyak mengandung air.
  2. Akhiri santap sahur dengan mengkonsumsi segelar susu untuk melengkapi nutrisi tubuh anda.
  3. Batasi makan makanan yang mengandung banyak gula ataupun terlalu manis. Hal ini akan membuat tubuh kita menjadi lebih mudah lemas.
  4. Sempatkan untuk berolahraga ringan pada saat sore hari seperti bersepeda, jalan-jalan ataupun Yoga. Hal ini sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh.

baca juga : 

Ini Dia, 6 Langkah Cuci Tangan yang Benar Menurut Standar WHO

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY